Dispora Lam-Tim: Tidak Tahu Adanya Program PMMD Di Wilayah Kerjanya - PAWARTANUSANTARA.COM

Breaking

PAWARTA TV

Friday, 19 January 2018

Dispora Lam-Tim: Tidak Tahu Adanya Program PMMD Di Wilayah Kerjanya

Lam-Tim, PNcom- Bantuan Dari Kemenpora yang diteriama PMMD, Desa Mekar Karya terletak diwilayah administrasi Pemerintahan Kecamatan Wawaykarya Kabupaten Lampung Timur yang diduga ada penyimpangan dalam pelaksanaannya.

Baca : 20 Juta Dana Bantuan Kemenpora Untuk Pemuda (Karang Taruna) Desa Mekar Karya, 25℅ Habis Dijalan

Namun berbeda keterangan dilain pihak, dari keterangan para Kader-kader PMMD dari wilayah kecamatan lain, mengungkapkan bahwa dana operasional terutama transportasi itu sudah ada anggaran lain untuk kami selaku Kader.

Dispora Lam-Tim: Tidak Tahu Adanya Program PMMD Di Wilayah Kerjanya.

Usman menambahkan, kegiatan yang kami lakukan diantaranya Kegiatan Iven olahraga, Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana, Pelatihan Pemuda Anti Narkoba, Pelatihan Kepeloporan Pemudanya, serta Pelatihan Kebudayaan dan Kesenian.

Ironisnya, hasil investigasi kami ke beberapa pemuda yang kami konfirmasi diwilayah desa setempat, mereka menyatakan tidak tahu menahu tentang Program PMMD dan kegiatan-kegiatan Pelatihan yang dilakukan, pelatihan bidang apa, siapa yang menjadi narasumber dalam pelatihan itu, dan bertempat dimana kegiatan pelatihan itu dilaksanakan, warga masyarakat dan pemuda sama sekali tidak tahu akan hal itu.

Kegiatan yang terlihat pada saat itu hanyalah ivent turnamen sepakbola, dan kegiatan semacam itu menurut Bapak/orang tua Nurul Afandi bisa terlaksana berkat adanya iuran dana dari pemuda dan masyarakat. Bahkan saya sering nombok, tapi lawong anaknya suka olahraga ya saya dukung, pungkas Orang tua Nurul Afandi.

Kembali pada Nurul Afandi, kami tanya pada saat masih berada dirumahnya ia mengatakan dari seluruh kegiatan yang masuk dalam program PMMD, SPJ sudah diselesaikan semua, sedangkan disisi lain kegiatan ivent turnamen sepakbola yg merupakan bagian dari kegiatan Program PMMD masih berlangsung.

Kami bertanya pada Nurul, mengapa bisa terjadi seperti itu, namun Usman yg menjawab dengan tegas "Itukan sekedar pelaporan saja" ungkap Usman

Dan setelah itu, kamipun mencoba untuk menghubungi Kader Pendamping PMMD Kabupaten yang bernama Eka via sambungan telepon dan WhatsApp, Eka tidak bisa menjawab pertanyaan Kami secara keseluruhan, ia hanya mengatakan anggaran yang diterima Kader PMMD diDesa Mekar Karya itu sesuai dengan anggaran yg tercantum di proposal pengajuannya, saat kami tanyakan apakah bisa SPJ dan pelaporan diselesaikan terlebih dahulu sementara kegiatan masih berjalan, Eka hanya menjawab "nanti kami jawab, saat ini saya sedang ada kegiatan, dan hingga berita ini dirilis Eka tetap tidak ada jawaban jelas.

Team investigasi media online pun melanjutkan penelusuran kepihak Kecamatan Wawaykarya, namun sayang pada saat ditemui Camat Wawaykarya (Jarot Suseno) tidak ada ditempat, dan team pun melakukan komunikasi via telepon. Dalam keterangannya Jarot Suseno mengatakan Bahwa ia selaku Camat Wawaykarya tidak mengetahui adanya Program PMMD dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dimaksud.Dan Jarot Suseno menyarankan agar kami mengkoordinasi masalah tersebut kepada Sekdes Desa Mekar Karya, karena itu pengajuan langsung oleh pihak Desa, ucap Jarot.

Ketika ditemui dikediamannya (Kamis 17/1/2018) Sekdes Mekar Karya tidak berada ditempat, dan team investigasi melanjutkan perjalanan menuju Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur untuk mendapatkan klarifikasi tentang adanya Program PMMD diWilayah Lam-Tim, terutama diwilayah Desa Mekar karya kecamatan Wawaykarya. Team investigasi media online bertemu dengan Sekretaris Dinas Pemuda dan olahraga (Marsan S.Pd.Ing). Saat dikonfirmasi terkait Program PMMD dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Marsan menyatakan tidak tahu tentang hal tersebut. "Saya malah tahu dari sampean Mas, selama ini kami di Dinas tidak pernah mendapat tembusan baik dari Dinas Propinsi maupun dari Kementerian, padahal kami yg ada diKabupaten merupakan anak dari Kementerian, dan semestinya ada koordinasi dengan pihak kami", ucap Marsan

"Saya berkata yang sejujurnya mas, dan saya akan sampaikan hal ini beserta penemuan kawan-kawan dilapangan kepada Kepala Dinas, dan Kami akan segera meminta keterangan Kader Pendamping dan Kader yang ada DiDesa Mekar karya, bila perlu kami akan kumpulkan semua Kader PMMD yang ada DiLampung Timur. Serta kami akan mengkoordinasikan hal ini kepihak Dinas Provinsi dan Kementerian", tegas Marsan.

Baca Juga : Polisi Dan Warga Ringkus Perampok Toko Mas 9 Kilogram

Kepada Bupati Lampung Timur, Gubernur Lampung serta Kementerian Pemuda dan olahraga, agar dapat menyikapi tentang kinerja Kader PMMD desa Mekar Karya atas terjadinya berbagai macam dugaan kesemrawutan dalam mengemban amanah dari pihak Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dan bisa saja hal ini terjadi juga pada Kader PMMD diWilayah lain yang ada diProvinsi Lampung.

Bukankah anggaran yang digunakan merupakan uang negara yang bertujuan untuk memajukan dan membangun Pemuda diwilayah desa setempat, sedangkan masyarakat dan Pemudanya sendiri tidak banyak tahu tentang adanya Program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) tersebut.
(PN/Rj Niti dan team)

No comments:

Post a Comment