BLANTERWISDOM101

Indonesia masuk peringkat 9 Negara teraman di Dunia


Lembaga riset internasional Gallup’s Law and Order merilis laporan bertajuk Law and Order Index yang berisikan daftar negara teraman, rillis kompas.com dari yang skor tinggi hingga yang terendah di dunia.
Riset untuk laporan ini menyertakan lebih dari 148.000 orang dewasa sebagai responden dari 142 negara berbeda untuk diwawancarai mengenai topik terkait, (18/06)


pawartanusantara.com | Berdasarkan laporan Gallup’s Law and Order yang diterima pada Minggu (17/6/2018), tercatat Indonesia menempati deretan 10 besar negara teraman di dunia.
Indonesia menempati posisi ke-9 dengan skor 89, sementara posisi pertama ditempati Singapura dengan skor 97.

Adapun pertanyaan yang disajikan dalam interview untuk riset ini di antaranya seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polisi lokal, apakah merasa aman saat bepergian sendiri pada malam hari, pernahkah mengalami pencurian, dan pernahkah diserang maupun dirampok dalam setahun terakhir.

Berikut daftar 10 negara teraman versi Gallup’s Law and Order tahun 2018:

1. Singapura (skor 97)

2. Norwegia (skor 93)

3. Islandia (skor 93)

4. Finlandia (skor 93)

5. Uzbekistan (skor 91)

6. Hong Kong (skor 91)

7. Swiss (skor 90)

Salah satu spot street art serta pohon tua yang akarnya menempel di dinding. Terletak di kawasan Old Town Central, Hongkong.
8. Kanada (skor 90)

9. Indonesia (skor 89)

10. Denmark (skor 88)

Ada total 142 negara dalam daftar negara dengan tingkat keamanan tertentu menurut laporan Gallup’s Law and Order 2018.

Keamanan negara dan dampaknya pada kehidupan.
Jika dilihat lebih lanjut, negara yang masuk dalam 10 negara teraman dan masih sekawasan dengan Indonesia hanya Singapura.

Sementara negara-negara lain yang berada dalam satu kawasan di Asia Tenggara, mendapatkan skor beragam. Di antaranya Filipina (skor 82), Kamboja (skor 80), dan Thailand (skor 80) di mana mereka menempati urutan 20 ke atas.

Sementara untuk tiga negara dengan peringkat terendah untuk keamanan adalah Sudan Selatan (skor 54), Afganistan (skor 45), dan Venezuela (skor 44).

Baca juga : 85 Warga Binaan Rutan Klas IIB Kep. Selayar Laksanakan Shalat Id

Satuan Khusus Gurkha dari kepolisian Singapura, beranggotakan suku asli Nepal yang dilengkapi senapan laras panjang dan pisau melengkung, khukri.
Hasil riset ini mengukur seberapa besar kepercayaan masyarakat di sebuah negara terhadap tingkat keamanan dan penegak hukum mereka sendiri.

Bisa disebut, bahwa semakin aman sebuah negara, implikasinya pun akan positif. Terutama untuk pengembangan kehidupan sosial dan kegiatan ekonomi ke depannya.
(rs/*)

Share This :

0 komentar