BLANTERWISDOM101

Bupati Lepas 239 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Pacitan

pawartanusantara.com | Pacitan - Jemaah haji asal Kabupaten Pacitan yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 44 gelombang ke II hari ini di berangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Mengunakan 6 (enam) armada Bus yang di lepas oleh Bupati Pacitan Indartato di depan Pendopo Kabupaten, Selasa (31/7/2018).

Ketua penyelenggara H. Muh. Nurul Huda, , S.Ag, M.Pd  yang merupakan Kepala Kemenag Pacitan memberikan laporan, Sebanyak 239 calon jemaah haji dari Pacitan dipastikan berangkat pada musim haji 2018, Mereka akan tergabung dalam kelompok terbang  (Kloter) 44 Surabaya.

"Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan dari 239 calon jamaah haji, 107 adalah laki-laki dan 132 perempuan, Dan akan diberangkatkan pada gelombang II Kloter 44 SUB bersama dengan Kabupaten Tuban sebanyak 123 orang, Kota Surabaya sebanyak 76 orang dan Kabuoaten Bojonegoro sebanyak 7 orang,"jelasnya.

Sedangkan calon jemaah haji tahun 2018 dari Pacitan yang paling  banyak berasal dari Kecamatan Pacitan yaitu 145 calon jamaah haji dan Kecamatan Arjosari sebanyak 41 orang, Kemudian Kecamatan Tulakan 15 orang, Kecamatan Kebonagung 5 orang, Kecamatan Punung 7 orang, Kecamatan Donorojo 2 orang, Kecamatan Bandar 2 orang, Kecamatan Ngadirojo 20 orang dan Kecamatan Sudimoro 2 orang.

"Mayoritas para calon jemaah haji yang dinyatakan berisiko tinggi dari sisi kesehatan itu berusia rata-rata 60 tahun keatas. Bahkan juga ada yang berusia 76 tahun, mereka kebanyakan mengidap penyakit bawaan, seperti diabetes ataupun hipertensi, sehingga perlu perbekalan obat selama 41 hari melaksanakan rukun haji di tanah suci,"ujarnya.

Lebih lanjut Nurul Huda menambahkan, Terkait kendala tersebut, penyelenggara haji di Pacitan telah mempersiapkan segala keperluan utamanya perbekalan obat-obatan bagi calon jemaah haji yang dinyatakan berisiko tinggi, Oleh sebab itu sebagaimana jadwal, Mereka akan berangkat menuju Surabaya pada 31 Juli dan kembali pada tanggal 11 September 2018.

"Dari keseluruhan calon jemaah haji asal Pacitan dinyatakan memenuhi syarat namun ada 172 orang yang berisiko tinggi perlu adanya pendampingan, semua memenuhi syarat akan tetapi ada yang perlu dilakukan pendampingan bagi mereka yang berisiko tinggi,"tegasnya.

Muhtarudin, S Pd salah seorang perwakilan jamaah calon haji Pacitan dalam pamitannya mengatakan, Pada kesempatan ini kami sebagi wakil jamaah calon haji mengucapkan terima kasih atas semua bantuan dari semua pihak dan semua sangat membantu jamaah calon haji, Kepada seluruh pembimbing kami ucapkan terima kasih dan sangat membantu kami dalam melaksanakan ibadah haji, kami minta doa agar semua lancar, tertib dan aman serta menjadi haji yang mabrur.

"Apabila kami seluruh calon jemaah haji ada kesalahan dan kekilafan mohon maaf lahir batin, semoga kami semua di beri kesehatan serta kelancaran dalam menjalankan ibadah haji dan kembali ke pacitan dengan baik dan menjadi haji yang mabrur,"harapnya.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan, Kabupaten Pacitan pada musim haji tahun 2018 memberangkatkan sebanyak 239 calon jamaah haji, 107 adalah laki-laki dan 132 perempuan dan Kabupaten Pacitan akan diberangkatkan pada gelombang II Kloter 44 melalui embarkasi surabaya.

Baca juga : Presiden Tegaskan Pentingnya Peran Babinsa di Desa-desa

"Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada semua calon jemaah haji, semoga di beri kesehatan,kelancaran dalam beribadah serta menjadi haji yang mabrur dan kembali berkupul dengan keluarga di pacitan,"kata bupati usai melepas jemaah haji Kabupaten Pacitan.(tyo)
Share This :

0 komentar