BLANTERWISDOM101

Kadin LH Beltim Akan Koordinasi Dengan Kades Baru Manggar Terkait Persoalan Sampah

pawartanusantara.com |Manggar, Beltim-Miris ketika melihat sampah yang menumpuk di belakang pemukiman rumah warga Desa Baru Utara 1 Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Prov Kep. Babel. Hari ini terlihat sejumlah warga dibantu oleh dinas lingkungan hidup Kabupaten Beltim membersihkan senumlah  tumpukan sampah yang berserakan di belakang pemukiman warga Desa Baru Utara 1 RT 1, 2, dan 3 tersebut.

Sebelumnya, tumpukan sampah tersebut sempat di posting oleh nitizen disalah satu forum komunikasi masyarakat belitung yang mendapat respon positif dari berbagai kalangan nitizen. Hari ini Senin 30 Juli 2018 sekitar pukul 15.00 wib warga dibantu oleh dinas lingkungan hidup membersihkan sampah- sampah itu.

Saat dihubungi melalui via handphone Kadin Lingkungan Hidup Arbai menanggapi dengan bijak postingan oleh nitizen tersebut dan dia juga berterima kasih atas responnya.

"Biasa aja, itu postingan bijak besok kita cek, kita juga gak tau itu foto kapan dan dimana. Terima kasih atas responnya," ujar Arbai. Melalui pesan singkat whatsapp-nya.

Hari ini dinas lingkungan hidup dibantu warga setempat terlihat sedang membersihkan sampah-sampah yang berserakan dibelakang pemukiman warga tersebut.

Sementara warga setempat yang namanya tak mau dipublikasikan saat dikonfir awak media menyebutkan lantaran tidak ada kotak sampah terpaksa harus membuang disitu.
"Kurang lebih 6 hingga 7 bulan pak disini tidak ada kotak penampungan sampah, mulai dari RT 1, 2, dan 3. Kalau dulu ada yang sering mengangkut sampah sewaktu masih ada kotak penampung sampah namanya pak bambang. Tapi sudah berhenti, dari info yang saya dapat katanya tidak dapat upah," ucap warga yang namanya tak mau dipublikasikan.

Sudah pernah kami ajukan ke RT dan Kadus tapi belum juga ada responnya mengenai kotak sampah ini, tambahnya warga yang juga pernah menjadi RT setempat kepada awak media. Senin 30 Juli 2018. Pukul 15.00 wib. Sore.

Warga yang akrab disapa Yudi turut serta membantu membersihkan sampah-sampah tersebut. Kepada awak media ini mengatakan pentingnya kebersihan dan kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama.

"Kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama. Tak perduli apa pangkat dan jabatan kita," tukas Yudi.

Adapun salah satu pegawai dinas lingkungan hidup Yusril, saat dimintai keterangan mengatakan kalau kami dari dinas lingkungan hidup tetap akan membantu apabila ada sampah yang sudah dimuat ditempat penampungan yang biasa disimpan didepan atau pinggir jalan pada tempatnya. Kalau ini kan posisinya dibelakang.

"Sebenarnya mengenai kotak penampungan sementara sampah ini, kewenangan nya ada di desa setempat untuk mengeceknya. Tapi walau gimana pun kami tetap akan membantu warga yang butuh bantuan. Dalam hal ini kita butuh kesadaran secara bersama-sama untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kita," terang Yusril.

Baca juga : Sampaikan Pesan Kamtibmas, Kapolres Blora Jagong Bersama Warga Desa Gayam

Dengan melihat kondisi yang sedemikian kepada awak media ini kepala dinas lingkungan hidup Arbai mengutarakan dirinya akan koordinasikan dengan kades dan perangkatnya.

"Kita perlu juga koordinasikan dengan kades dan perangkatnya," tuturnya. (Marsidi).
Share This :

0 komentar