BLANTERWISDOM101

Bawaslu: Bacaleg Dari Semua Parpol Diminta Jangan Dulu Melakukan Kampanye

Tahapan kampanye baru dimulai pada tanggal 23 September 2018. Itu pun baru sebatas pemasangan alat peraga kampanye (APK), penyebaran bahan kampanye, dan pertemuan terbatas. Hal tersebut sesuai ketentuan amanah UU 7 Tahun 2017.
pawartanusantara.com | Pacitan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan telah mengumkan calon sementara anggota legislatif dari berbagai parpol peserta pemilu 2019. Daftar calon sementara di tandatangani Ketua KPU dan tiga anggotanya pada tanggal 11 Agustus 2018 kemarin.

Sekalipun sudah ada pengumuman calon sementara anggota legislatif dari KPU, namun semua bakal caleg dari semua parpol diminta menahan diri melakukan kampanye.

Hal tersebut disampaikan Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Pacitan, Syamsul Arifin yang mengatakan, Tahapan kampanye baru dimulai pada tanggal 23 September 2018. Itu pun baru sebatas pemasangan alat peraga kampanye (APK), penyebaran bahan kampanye, dan pertemuan terbatas. Hal tersebut sesuai ketentuan amanah UU 7 Tahun 2017.

"Sedangkan rapat umum dan iklan media cetak dan elektronik belum bisa dilakukan. Kedua jenis kampanye itu (rapat umum dan iklan media massa) baru boleh dilakukan pada tanggal 24 Maret 2019," ujarnya, Minggu (12/8/2018).

Lebih lanjut Syamsul menjelaskan, Sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 252 menyatakan bahwa,

(1) Bakal calon yang lulus verifikasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 248 disusun dalam daftar calon sementara oleh:

a. KPU untuk daftar calon sementara anggota DPR;

b. KPU Provinsi untuk daftar calon sementara anggota DPRD provinsi; dan

c. KPU Kabupaten/Kota untuk daftar calon sementara anggota DPRD kabupaten/kota.

(2) Daftar calon sementara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditandatangani oleh ketua dan anggota KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

(3) Daftar calon sementara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disusun berdasarkan nomor unit dan dilengkapi pas foto diri terbaru.

(4) Daftar calon sementara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diumumkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota paling sedikit di 1 (satu) media massa cetak harian dan media massa elektronik nasional dan 1 (satu) media massa cetak harian dan media massa elektronik daerah serta sarana pengumuman lainnya selama 5 (lima) hari.

Baca juga : Solihin, Sebatas Menerima Kedatangan Para Demonstran

"Itu sebagai bentuk kepatuhan semua calon sementara terkait Peraturan Perundangan-Undangan. Selain itu Bawaslu juga mengimbau kepada semua caleg lebih mengedepankan etika politik yang baik dan terpuji," tandasnya.(tyo)
Share This :

0 komentar