BLANTERWISDOM101

Dalam Rangka HUT RI Ke 73 Pemkab Pacitan Gelar Aksi Pungut Sampah


pawartanusantara.com | Pacitan - Selain menjaga kebersihan lingkungan wisata, agenda Pemkab Pacitan kali ini juga menjadi rangkaian Kegiatan Menyabut HUT RI ke-73 di tahun 2018, Disamping kegiatan-kegiatan lain yang digelar instansi pemerintah maupun masyarakat.

Bersama jajarannya Pemkab juga mengandeng TNI/Polri serta masyarakat untuk besama-sama menjaga kebersihan lingkungan khususnya objek wisata pantai dengan mengelar Aksi Pungut Sampah, Karena Pacitan terkenal memiliki Objek Wisata yang banyak tersebar di sepanjang garis Pantai bagian selatan jawa.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan, Kawasan pantai mendapat perhatian lebih. Sebab, kawasan tersebut menjadi salah satu tujuan wisata alam unggulan selain goa. Karena itu kita menginginkan agar lokasi yang terdekat dengan laut itu terlihat bersih.

"Kami ingin laut ini juga bersih karena tempatnya wisata, bukan hanya wisatawan lokal namun dari manca negara juga banyak yang berkunjung ke Pacitan, maka dari itu kita harus menjaga kebersihannya," ucap orang nomor satu di pemkab Pacitan, saat mengikuti kegiatan Aksi Pungut Sampah dikawasan pantai Pancer Door, Jum'at (10/8/2018).

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, Dengan kondisi pantai yang bersih, para pelancong akan datang. Tidak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan dari manca negara yang ingin menikmati keindahan panorama pantai di kota yang berjuluk 1001 goa ini.

"Sebagai contoh, tadi ada lima wisatawan asing yang sedang berselancar dan menikmati suasana pagi di pantai, Mereka berterima kasih dengan gerakan semacam ini. Bahkan mereka juga memberi saran agar pantai selalu bersih," ujar Bupati.

Pak In sapaan akrab Bupati Pacitan tersebut menghimbau, Kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Pacitan dan wisatawan untuk ikut serta menjaga kebersihan lokasi wisata pantai. Salah satu caranya dengan membuang sampah ditempat-tempat yang disediakan serta harus peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar kita.

"Kita bisa tiru perilaku masyarakat Jepang yang sangat peduli dengan kebersihan lingkungan dan kebersihan juga sebagian dari pada iman, kita berharap berprilaku bersih terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar kita"tandasnya.

Kegiatan bersih-bersih pantai akan rutin digelar oleh Pemkab Pacitan yang melibatkan seluruh perangkat daerah juga instansi vertikal termasuk Polres dan Kodim.

Walau diketahui agenda rutin Kodim 0801 Pacitan setiap hari jum'at adalah melakukan aksi Pungut Sampah di lokasi Pantai yang di ikuti oleh anggota dan masyarakat setempat.

Secara terpisah Kasdim 0801 Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan mengatakan, Kegiatan Aksi pungut sampah di seputaran pantai pancer door ini rutin kita adakan setiap hari Jum’at, Karena ini kegiatan yang mulia, Dengan kepedulian kita terhadap lingkungan akan menambah keindahan dan keasrian kawasan pantai wisata ini.

Baca juga : Korban Tewas, Akibat Gempa Bertambah Jadi 347 Orang

"Dengan kegiatan seperti ini terjalin kebersamaan TNI, Polri dan Pemda serta masyarakat, Sehingga selain tercipta badan yang sehat, pantai juga bersih serta dapat mempererat sinergitas antara TNI Polri dan pemda,"pungkasnya.(tyo)
Share This :

0 komentar