BLANTERWISDOM101

Kemeriahan Geopark Night Specta Festival Gebyar Klayar

pawartanusantara.com | Pacitan - Festival Gebyar Klayar yang merupakan acara pagelaran budaya yang menampilkan kesenian budaya dari beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Donorojo, Acara yang di prakarsai oleh Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Pacitan Daryono mengatakan, Melalui penyelenggaraan Festival Gebyar Klayar, siswa siswi binaan YPA-MDR mempunyai suatu wadah untuk mengekspresikan dan menampilkan keahlian di bidang seni budaya yang telah diberikan pembinaan secara berkelanjutan oleh YPA-MDR dan menjadikan festival seni budaya masyarakat Pacitan.

"Semoga dengan kegiatan ini para siswa/siswi bisa lebih berkreasi dengan seni dan budaya serta tetap menjaga serta melestarikannya, terimakasih kami ucapkan kepasa YPA-MDR yang telah mempasilitasi serta menjadi wadah bagi generasi penerus agar tetap cinta pada seni dan budaya leluhur ini,"jelasnya saat menghadiri Festival Gebyar Klayar di Lokasi Pantai Klayar Pacitan, Sabtu (4/8/2018).

Menurut Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, YPA-MDR memberikan wadah bagi sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Donorojo untuk bisa berapresiasi di bidang seni dan budaya serta melaui sangar-sangar yang ada serta di beri pembinaan kepada mereka semua.
“Pembinaan seni budaya ini akan dilanjutkan dengan pembentukan sanggar seni budaya di Donorojo dan untuk itu YPA-MDR mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi berbagai pihak yang mendukung terwujudnya sanggar tersebut,"ujarnya di sela-sela kegiatan Festival Gebyar Klayar tersebut.

Dalam Kegiatan Gebyar Seni dan Budaya, YPA-MDR juga menampilkan produk-produk kecakapan hidup dari SMKN 2 Donorojo dan paguyuban komite sekolah binaan. YPA-MDR sangat mengapresiasi partisipasi paguyuban komite sekolah yang turut aktif dengan mulainya menciptakan ekonomi kerakyatan di daerah Donorojo.
"Kecamayan Donorojo sebagai penghasil Virgin Coconut Oil (VCO) dan produk-produk turunannya yang dapat menjadi penopang utama dalam mengembangkan industri pariwisata daerah Pacitan,"tambah Herawati Prasetyo.

Lebih lanjut Herawati menerangkan, Selain dari produk lokal, dalam kesempatan tersebut juga dihadirkan produk-produk batik serta produk makanan dari Rumah Pintar Ngalang, Kabupaten Gunung Kidul
“Festival Klayar ini merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat dan tentunya sekolah binaan YPA-MDR untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya dalam rangka memperkuat seni budaya nasional,”pungkasnya.

Baca juga : Adji Ariono Jabat Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan Yang Baru

Acara Festival Gebyar Klayar yang di helat dari Pagi hingga malam hari dengan mempilkan pagelaran Seni Budaya, Seni Tari, Campursari, Campursari Modern besama Insan Music Pacitan (SAMPAN) juga di gelar pameran produk-produk ungulan dari sekolah-sekolah binaan YPA-MDR dan Paguyuban Komite Sekolah.(tyo)
Share This :

0 komentar