BLANTERWISDOM101

Ketua Poktan Diduga Kelola Sisa Hasil Usaha Secara Pribadi

pawartanusantara.com | Pandeglang- Bantuan 1 Unit Hand Traktor Roda Dua dari Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2013, diperuntukkan bagi Kelompok Tani, Cikaramat Berkah, di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Dipertanyakan. Pasalnya ada dugaan bantuan hand traktor diperjual belikan oleh oknum Ketua Kelompok Tani, “Sansan“ yang saat ini statusnya merangkap sebagai Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukamulya Kecamatan Cikeusik.

Pendapatan-pendapatan Sisa hasil usaha yang diperoleh dari penggarapan Hand Traktor Kelompok Bantuan Pemerintah dan penghasilan-penghasilan penggarapan Hand Traktor tidak dikelola secara transparan dan diduga hanya dinikmati untuk kepentingan pribadi.

Keterangan yang diperoleh dari ketua poktan,“Sansan“ Pada saat dikonfirmasi di Sukamulya-Cikeusik Kediamannya, Bahwa Hand Traktor bantuan Pemerintah Pusat Tahun 2013, tidak pernah diterimanya. Sehingga kuat dugaan Hand Traktor tersebut dijual belikan oleh oknum Ketua Poktan (Kelompok Tani).

“Bantuan Hand Traktor Roda Dua dari Pemerintah tidak ada,“Ungkap Sansan kepada Global Media. Online saat dikonfirmasi, Sabtu (3/08)

Pengeluaran-pengeluaran uang sisa hasil usaha kelompok tidak tercatat didalam pembukuan kelompok dan tanpa diputuskan dalam rapat pengurus ,“jelasnya.

Sementara itu, ,“Sansan“ ketua poktan yang merangkap sebagai  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukamulya Kecamatan Cikeusik, mengaku tidak memiliki pembukuan kelompok dan pengelolaan sisa hasil usaha tersebut tidak tercatat didalam pembukuan kelompok.

“Sisa Hasil Usaha, Pengelolaan Keuangan, Mekanisme Kerja Kelompok tidak dilaksanakan,“pungkas Sansan.

Baca juga : Antisipasi Pencurian Kayu Jati, Polsek Jiken Polres Blora Patroli Bersama Polisi Hutan

Tim media, Berharap kepada instansi, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang melakukan Peninjauan Kelompok Tani Cikaramat Berkah di Desa Sukamulya dan memberikan Sanksi organisasi kelompok tani untuk menegakkan disiplin organisasi dan menjamin kepastian pelaksanaan organisasi kelompok tani. (Kasman)
Share This :

0 komentar