BLANTERWISDOM101

KPU Dan Panwaslu Pacitan Gelar Rakor Pemutahiran Daftar Pemilih

PawartaNusantara.com | Pacitan - Pemilihan Umum (Pemilu) yang merupakan pesta demokrasi bagi rakyat indonesia yang di gelar setiap lima tahun sekali tersebut sudah di ambang pintu, Masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU) di setiap daerah harus menyiapkan segala sesuatunya untuk kelancara pelaksanaan tersebut.

Seperti halnya KPU Kabupaten Pacitan yang mengelar Rapat Koordinasi Pemutahiran Daftar Pemilih Pemilihan Umum Tahun 2019, Kegiatan yang di laksanakan bertujuan untuk mengetahui perubahan DPSHP di tingakat Kecamatan agar nanti pada saat Rapat Pleno yang akan di gelar pada tanggal 20 Agustus 2018 mendatang semua data sudah sama dan apabila ada perubahan masih ada waktu untuk memperbaiki.

Menurut Ketua KPU Pacitan Damhudi dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan hari ini akan membahas DPHS akhir, Dari hasil tersebut yang nantinya akan ada Rapat Pleno penetapan DCT yang akan di laksanakan pada tanggal 20 September 2018 dan itu setelah melaksanakan beberapa tahapan.

"Dalam pentahapan ini kami rasa kurang greget tidak seperti pemilihan Gubernur Jatim tahun 2018 kemarin, Kami harap untuk semua komponen bisa mengajak seluruh elemen masyarakat agar bisa memaksimalkan pada DCT nanti,"ujarnya saat membuka Rapat Kordinasi yang dilaksanakan di Pandan Kurung Sea View Lingkungan Telengria Pacitan, Kamis (16/8/2018).

Lebih lanjut Damhudi menjelaskan, Saat Rapat Pleno beberapa hari kedepan di perkirakan ada penambahan, Karena banyak pemilih pemula yang belum terdaftar, usaha yang dilakukan KPU sudah maksimal. Penguatan kelembagaan di tingkat PPK dan PPS harus benar-benar terjaga, Sebab pemilu yang berlangsung nanti harus tertib dan lengkap administrasi.

"Pada saat Rapat pleno harus meghadirkan semua unsur yang terlibat dalam penetapan Calon Pemilih, Semua keputusan diambil melalui rapat pleno dan rapat kordinasi disertai dokumentasi, ini untuk memperkuat data-data yang ada, mengantisipasi jika ada gugatan dari Parpol peserta Pemilu,"tambahnya.

Di tekankan kepada PPK dan PPS harus netral agar tidak terjadi kesalah pahaman dari Partai politik, Semua kegiatan harus didokumentasikan, demikian juga KPU dan Bawaslu tetap harus bekerjasama dan bersinergi.

"Kami dari KPU berharap kepada Panwaslu, PPK dan Panwascam harus bersinergi menjalin komunikasi, Jika ada masukan-masukan dari Panwas agar di sampaikan sebelum dilaksnakan Rapat Pleno,"harpanya.

Sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Pacitan Berty Stevanus, HRW,SH menyampaikan, Untuk saat ini rekap di tingkat Kecamatan sudah selesai semua tinggal pelaksanaan rekap di tingkat Kabupaten yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus mendatang.

"Data yang sudah di sampaikan agar dikroscek lagi di lapangan agar bener-bener valid dan tidak ada daftar ganda. Apabila ditemukan daftar ganda agar disampaikan kepada Panwaslu supaya bisa segera ditindak lanjuti sebelum rapat pleno DCT,"tegas Berty.

Komisioner KPU bidang divisi Penyelengara dan Data
Sittah Annangimah,AQ,A.Pt saat memandu pemutakhiran data yang di sampaikan oleh masing masing PPK dan Panwascam menjelaskan, untuk 7 Kecamatan yaitu Kecamatan Donorojo,Pringkuku,Pacitan,Kebonagung,Nawangan,Ngadirojo dan Sudimoro tidak ada perubahan.

"Jadi 7 kecamatan tersebut sesuai berita acara dari PPK dan Panwascam semua data sama dan tidak ada perubahan,"ujar Sittah.

Sedangkan untuk Kecamatan Punung hanya ada perubahan rekap TMS ada kesalahan TMS (jenis kelamin),Kecamatan Arjosari, Data dari PPK untuk Berita Acara sama namun ada permintaan 9 Desa terkait AB-DPSHP by Name dan by Adres yang mana PPK belum bisa memberikan ijin terkait aturan KPU, data dari Panwascam Berita Acara sama dan tidak ada perubahan, namun pencermatan data ganda belum selesai semua hingga saat ini.

Untuk Kecamatan Bandar dan Tulakan Data dari PPK sama seperti di Berita acara tidak asa perubahan hanya data dari Panwascam pencermatan data ganda belum selesai semua, Sementara Kecamatan Tegalombo hanya data dari Panwascam ada catatan pasca rekap terkait dengan TMS rekap BA (3 pemilih) dan data disabilitas 7 pemilih.

Baca juga : Presiden Beri Semangat, Anak-Anak Sekolah di Pengungsian

"Diharapkan dalam pelaksanaannua selalu Koordiansi dengan pihak terkait agar mengetahui setiap perkembangan yang ada terkait tahapan Pemuthakiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Pacitan,"tandasnya.(tyo)
Share This :

0 komentar