BLANTERWISDOM101

Optimalkan Pembangunan Fasilitas Umum, Agar lebih Maju dan Mandiri

pawartanusantara.com | Lampung Utara, Pemerintah pusat telah mengucurkan sumber dana APBN melalui program DD dan ADD guna percepatan pembangunan didaerah pedesaan yang tertinggal agar nanti nya dapat maju dan mandiri (7/08).

Sama halnya seperti pembangunan di desa Banjar Wangi, geliat pembangunannya bertahap dari tahun ke tahun nampak semakin pesat kemajuan pembangunan desa Banjar Wangi, Ketua tim pelaksana kegiatan (TPK) menjelaskan.

Lanjut ketua TPK "selain itu juga Mudasir selaku kepala desa, dia juga lebih megutama kan untuk inftastruktur, seperti jalan usaha tani dan bangunan Puskes Des yang di bangun melalui sumber dana APBD program gerbang saburai, juga fasilitas umum lainnya yang tadinya belum ada, hingga  akhirnya fasilitas umum tersebut sudah ada di desa kami, " kata dia Alhamdullillah terlaksana apa yang memang menjadi kebutuhan masyarakat desa " jelasnya pada awak media di lokasi kerja.

ditemui di  kantor desa Mudasir selaku kepala desa, memaparkan  "tahap awal DD yang 20% sudah terealisasi pengerjaannya seperti "pembukaan badan jalan dan juga siring pasang/drenase volume (1.344 m,) yang terbagi di beberapa dusun di dusun, 2  3 dan dusun 4, melengkapi pasilitas umum pembuatan, MCK, di Masjid dusun 3, dan sumur bor  1 unit.

Kata kades berikutnya nanti melanjutkan pekerjaan yang belum tercapai hasil kerjanya dilanjutkan termin ke 2 DD yang 40%, untuk jalan onder lagh, (volume 869 m) dan lebar 2,5 yang berada di dusun 1 dan 3,  juga gorong-gorong 6 unit yang berada di beberapa dusun seperti, dusun 1  2  3  4 " jelas dia.

Lebih lanjut Mudasir menyampaikan
" DD dana desa ADD alokasi dana desa sudah pasti untuk desa dan masyarakat desa pastinya dong harus terlibat dan berperan membangun di desa dari awal (MUSdus) dan (MUSdes) hinga sepakat,
dan disusun di (APBdes) selain memberi kan pasilitas umum guna kebutuhan warga desa juga dapat memberikan dampak yang sangat positif untuk kemajuan dan kesejahtraan warga desa yang kita cintai, dalam hal, menghidupkan perekonomian di segala sektor, "jelasnya.

Baca juga : Presiden Terima Kunjungan Kehormatan Menlu AS

Sektor publik dan sektor privat sebagai layanan fasilitas umum yang di perlukan masyarakat, petani pedagang dan insvestor dari luar daerah, agar nantinya dapat meningkatkan tarap hidup lebih baik menigkatkan perekonomian di desa serta mencerdaskan bangsa menuju kemandirian hinga sejahtera" pungkasnya. (Yd)
Share This :

0 komentar