BLANTERWISDOM101

Piket Pawas Polres Blora Kontrol Dan Cek Ruang Tahanan

Pengecekan ruang tahanan merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan meskipun di hari libur. Hal tersebut berguna sebagai sarana mengecek jumlah tahanan, ruang tahanan serta mengecek kondisi kesehatan setiap tahanan, seperti halnya pagi tadi, Minggu (12/08/2018).
pawartanusantara.com | Blora- Pengecekan tahanan tersebut dilaksanakan oleh Perwira Pengawas (Pawas) IPTU Markus KBO Sat Lantas Polres Blora didampingi IPDA Lilik Widyastuti Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak Sat Reskrim Polres Blora beserta 3 anggota jaga tahanan.

Dalam pelaksanaannya, Pawas melaksanakan pengecekan mulai dari jumlah tahanan, kondisi kesehatan para tahanan hingga melaksanakan pengecekan dimasing-masing ruang tahanan guna mengecek jika ada barang-barang yang dilarang berada didalam ruang tahanan misalnya pisau, silet atau sejenisnya, tali, korek api serta barang-barang lain yang dapat membahayakan jiwa para tahanan maupun petugas jaga.

Hal ini merupakan kegiatan Rutin yang wajib dilaksanakan oleh Perwira Pengawas dan anggota jaga tahanan. Ini merupakan program tetap dan standart operasinal procedure yang harus diterapkan untuk antisipasi tahanan lari atau tahanan yang sedang menderita sakit.

“Pengecekan ini dilaksanakan agar semua tahanan yang berada di rutan Polres Blora selalu dalam kondisi sehat, serta meminimalisir terjadinya tahanan yang berusaha kabur ataupun tahanan yang ingin melukai petugas jaga.” Ujar IPDA Lilik Widyastuti.

“Pada saat pengecekan hari ini, jumlah tahanan yang berada di Mapolres Blora berjumlah 7 orang. Semua dalam keadaan sehat. Selain itu, dalam pengecekan tersebut tidak ditemukan barang -barang terlarang berada didalam ruang tahanan.” Tambahnya.

Pawas memberikan penekanan kepada petugas jaga tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan, cek dan kontrol tahanan setiapa jam sesuai SOP. Laporkan segera kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan, serta tetap jaga kebersihan ruang tahanan.

Baca juga : Guyub, Gotong Royong Resik-Resik Kali Grojogan

Ditempat yang sama IPTU Markus menuturkan “Pengecekan ruang tahanan dan jumlah tahanan untuk mengetahui kondisi di dalam ruang tahanan. Apabila ada petugas maupun tahanan yang tidak sesuai aturan akan kita tegur. Kita juga berikan arahan kepada personil yang melaksanakan piket jaga tahanan agar tetap siaga dan jangan legah, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti tahanan kabur dan yang lain-lain”, jelas IPTU Markus. (Sup)
Share This :

0 komentar