BLANTERWISDOM101

25 Purnawirawan Di Arak Dengan Pawai Dokar

PawartaNusantara.com | Keluarga besar Polres Blora menggelar budaya rutin upacara pelepasan anggota polri yang sudah purna tugas. Dalam prosesi gerbang pora kali ini, ada pemandangan unik di Mapolres Blora. Sebanyak 25 keluarga besar Polres Blora yang terdiri dari 3 berpangkat Perwira menengah, 8 perwira pertama, dan 14 bintara Polres Blora telah purna tugas pada tahun 2018.

Karpet merah yang terbentang di depan Polda Blora dipersiapkan untuk pelepasan para Purnawirawan dari akhir masa tugasnya. Belasan pasukan pedang pora yang membentuk formasi barisan penghormatan saat para purnirawan yang datang bersama istri berjalan di atas karpet merah itu dihormati bagaikan raja dan ratu.

Diiringi musik yang gemuruh, para purnawirawan ini melewati barisan tersebut dengan langkah tegap dan perlahan. Suasana terlihat haru meskipun mereka berusaha tersenyum. Sementara itu, para polisi wanita juga menaburkan kembang terhadap para polisi yang telah mengabdikan lebih dari separuh masa hidupnya untuk berbakti di Korps Bhayangkara.

Acara yang dilaksanakan hari ini Senin (17/09/2018) pagi di Mapolres Blora seluruh keluarga besar Polres Blora dan Bhayangkari. Selain itu, Kapolres Blora, AKBP Saptono, S.I.K, M.H juga memberikan penghargaan dan kenang-kenangan kepada sejumlah anggota Polres Blora yang sudah purna tugas.

“Hari ini kita laksanakan budaya pelepasan para senior kita di Polri yang sudah purna tugas. Mungkin acara ini masih terbilang sangat sederhana dibanding dengan nilai pengabdiannya yang rata-rata sudah 37 tahun lebih mengabdi menjadi Bhayangkara sejati,” ujar Kapolres.

Masih terlihat kegagahan prajurit Bhayangkara meskipun usia sudah tidak lagi muda, namun tetap berjalan tegap menggandeng pasangan saat melewati gerbang pora. Namun demikian dalam balutan seragam nan gagah, tidaklah bisa menyembunyikan perasaan haru, bahkan nampak seorang pernawirawan yang matanya berkaca-kaca terharu dengan segala kenangannya.

"Sepertinya baru kemarin melaksanakan tugas sebagai Polisi, namun tiada terasa 40 tahun sudah saya abdikan jiwa raga untuk Kepolisian di Polres Blora ini". Ucap Kompol (purn) Sumaidi selesai gerbang pora.

Setelah selesai gerbang pora sebanyak 25 purnawirawan yang pensiun di tahun 2018 ini bersama di arak keliling kota Blora menggunakan dokar. Bahkan Kapolres Blora beserta Ibu Ketua Cabang Bhayangkari ikut pawai bersama dengan Wakapolres dan para Pejabat Utama beserta istri.

Seperti kisah pahlawan berkuda berdua bersama pasanganya, terlihat situasi yang meriah saat mereka di arak dengan andong. "Kami ucapkan terimakasih kepada Kapolres yang berkenan memberikan sebuah penghargaan seperti ini pada kami, ini adalah sebuah penghargaan yang akan selalu kami kenang.” pungkas Sumaidi.

Baca juga : Sudut Baca Prioritas Utama Sebagai Program Bunda Baca Kabupaten Pacitan

Kapolres Blora seusai acara berharap bahwa ini adalah wujud penghargaan bagi prajurit Bhayangkara Polres Blora. "Meskipun sudah memasuki masa purna bhakti namun mereka masih semangat, ini harus menjadi contoh bagi kita semua yang masih berdinas agar selalu semangat dalam melaksanakan tugas.” Tutup AKBP Saptono.
Share This :

0 komentar