BLANTERWISDOM101

Akibat Kebakaran Lahan Rumah Nenek 60 Tahun Di Lahap Si Jago Merah

PawartaNusantara.com | Pacitan - Musim kemarau yang sedang melanda di beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan, Akibatnya banyak masyarakat membakar lahan baik untuk perkebunan maupun persawahan, Namun terkadang saat membakar tidak memerhatikan faktor keamanan serta dampak dari pembakaran tersebut yang bisa menjalar ke pemukiman warga.

Seperti yang di alami Ibu Ponatin (60 th) warga Rt/Rw 02/03 Dussun Karang Asri Desa Banjarsari  Pacitan, Rumah miliknya di lahap si jago merah yang diakibatkan dari pembakaran lahan milik warga setempat.

Menurut Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Pacitan Suyanto,S sos mengatakan, Menurut keterangan sekira pukul 13.30 WIB, Warga melihat ada titik api yang lokasinya masih di atas gunung dan jauh dari pemukiman warga, Namun karena angin kencang sehingga api dengan cepat merembet dan membakar rumah.

"Dengan tiba-tiba angin bertiup kencang mengakibatkan api semakin membesar dan dengan cepat api merembet turun ke pemukiman warga,"jelasnya kepada pewarta, Kamis (13/9/2018) sore.

Sejurus kemudian api dengan cepat menyambar rumah Ibu Ponatin (60) dan mengakibatkan rumah terbakar, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satlinmas Pol PP dan Linmas Desa serta warga setempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

"Mendapat laooran dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas di lokasi, Kami mengirimkan 1 unit mobil Damkar dari Satpol PP yang di pimpin Kasi Dal Ops Damkar dan tiba di lokasi langsung melaksanakan pemadaman,"tambahnya.

Baca juga : Kampanye Stop Ilegal Fishing Paguyuban Srono Jolo Gelar Lomba Menjala Ikan

Sekira pukul 17.00 WIB secara keseluruhan api sudah bisa dipadamkan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dibantu warga sekitar membersihkan sisa sisa kebakaran serta mengevakuasi barang barang yang masih bias dipergunakan

"Untuk sementara Ibu Ponatin tinggal di gubuk yang dibuat secara gotong royong oleh warga sekitar, Perangkat Desa,Babinsa dan Babinkamtibmas,"tandas Suyanto.

Akibat kebakaran tersebut 1 Unit rumah milik Ibu Ponatin hangus terbakar dan tidak bias ditempati lagi dengan kerugian diperkirakan sekitar 25 juta.(tyo)
Share This :

0 komentar