BLANTERWISDOM101

BPBD Mencatat Ada Peningkatan Jumlah Wilayah Terdampak Kekeringan Di Pacitan

PawartaNusantara.com | Pacitan - Dampak kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan di Pacitan terus meluas. Sesuai data Terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Ada peningkatan jumlah wilayah terdampak kekeringan, Pada bulan Juli yang lalu derdapat 28 desa terdampak kekeringan dan di bulan September ini meningkat menjadi 31 desa.

Dampak kekeringan yang saat ini mulai meluas di karenakan sumber mata air di beberapa wilayah yang kering sehingga mengakibatkan krisis air bersih.

“Dari pemetaan sebelumnya hanya 28 desa terdampak krisis air bersih, namun jumlah titik kekeringan kategori kritis kini meningkat menjadi 31 desa,” kata Pujono, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan kepada pewarta, Rabu (19/9/2018).

Pujono menambahkan, Puluhan desa tersebut sulit mendapatkan pasokan air bersih karena sumber mata air di wilayah mereka mulai mengering. BPBD setempat menyatakan daerah  dengan krisis air bersih parah sebagai daerah darurat kekeringan. Mayoritas, daerah terdampak kekeringan adalah berada di wilayah Pacitan bagian barat, seperti Kecamatan Donorojo, Punung dan Pringkuku.

"Secara Geografis ketiga kecamatan tersebut yang berupa kawasan karst dan pegunungan kapur menjadi penyebab tiga wilayah  tersebut mengalami kekeringan yang cukup parah, dan kini dampak kekeringan sudah merambat ke Kecamatan Kebonagung dan Bandar"tambahnya.

Pemerintah Daerah melalui BPBD memberikan bantuan berupa pengiriman air bersih ke sejumlah titik yang mengalami krisis air. Dropping air bersih di beberapa wilayah di Pacitan kini menjadi agenda BPBD dalam mengatasi dampak kekeringan, Pihaknya setiap harinya mengirim 2 tanki ke desa yang mengalami krisi air bersih.

“Selain itu, pemerintah telah menyiapkan anggaran 150 jt, saat ini 75 persen dana itu dipakai menyalurkan air bersih kepada warga, setiap harinya kita kirim 2 tanki air bersih,”pungkasnya.

Baca juga : Kapolres Lam-Tim, Berikan Penghargaan Atas Partisipasi Personil Dan Masyarakat Yang Peduli Kamtibmas

Menurut data BPBD Jawa Timur, Pacitan adalah salah satu daerah rawan kekeringan. BPBD Provinsi menyebut jumlah desa terdampak kekeringan berdasarkan catatan sebanyak 398 desa yang tersebar di 22 kabupaten/kota se-Jatim. Jumlah tersebut meningkat seiring bertambahnya jumlah desa di Pacitan yang mengalami kekeringan. (tyo)
Share This :

0 komentar