Pemeriksaan Urine pada Program P4GN kepada Anggota Kodim 0721/Blora - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

PAWARTA TV

Monday, 24 September 2018

Pemeriksaan Urine pada Program P4GN kepada Anggota Kodim 0721/Blora

PawartaNusantara.com | Blora.Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kabupaten Blora kembali mengadakan tes urin dadakan. Tes urin kali ini mengambil tempat di Makodim 0721/Blora. Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ryzadly Syahrazzy Themba, S.Sos, yang diwakili Pasi Intel Lettu Inf Lukman Hakim, Senin 24 September 2018  memimpin pelaksanaan tes urine kepada personel Kodim 0721/Blora melalui program P4GN, Yang bertempat di Makodim 0721/Blora jalan pemuda no 44.

Dengan Tes Urine kepada Personel Makodim 0721/Blora yang diambil secara acak dan mendadak, hal ini bertujuan dalam profesionalitas TNI yang bebas Narkoba, sehingga bagi Personel Makodim 0721/Blora yang terbukti menggunakan Narkoba dalam Tes Urine tersebut akan ditindak/diproses sesuai hukum di lingkungan Angkatan Darat.

Dijelaskan oleh, Kasi Farmalkes. Din Kes Kab.Blora Nanik Srimulyaningsih S. KM M.Si kegiatan ini dilakukan secara mendadak, sehingga didapat data yang natural tanpa adanya persiapan untuk menghilangkan jejak kandungan narkoba.

Ditambahakan oleh Nanik, TNI merupakan figur referensi untuk ditauladani, untuk itu dengan adanya tes urin narkoba ini akan membuat pihak lain akan berfikir untuk menolak penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf. Ryzadly Syahrazzy Themba, S.Sos melalui Pasi Intel menanggapi dengan baik sidak yang dilakukan BNK. Kegaitan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba yang masuk dikalangan prajurit.

Pasi Intel Lettu Lukman Hakim Menegaskan, sesuai arahan Panglima TNI, bagi prajurit TNI yang melakukan penyalahgunaan narkoba tidak ada hukuman lain selain pemecatan secara tidak hormat.

Maraknya peredaran Narkoba saat ini menjadikan musuh bersama di Indonesia yang selama ini sudah menyentuh berbagai lapisan dan komponen masyarakat, oleh karenanya Kodim 0721/Blora dalam hal ini bergerak cepat dengan mengambil langkah untuk mencegah dan mengetahui adanya penggunaan Narkoba di kalangan anggotanya, maka dilaksanakan tes urine bagi seluruh personel Kodim 0721/Blora yang diambil secara acak melalui program P4GN.

Pelaksanaan tes urine di Makodim 0721/Blora diikuti sekitar 20 orang prajurit yang ditunjuk secara acak yang dipimpin langsung oleh Pasi Intel Kodim 0721/Blora,  yang secara garis besar mengatakan bahwa dalam kegiatan ini yang merupakan bagian dari program juga untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh prajurit sekaligus untuk mengetahui bila ada oknum prajurit yang menjadi pengguna Narkoba, sehingga dapat ditindaklanjuti untuk penanganannya sesuai dengan perintah dari Komando Atas agar personel TNI AD harus bersih dari semua pengaruh, penggunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan BNK Kabupaten Blora yang dipimpin oleh Nanik Srimulyaningsih S.KM M.Si bersama staf, Tes urine yang dilakukan menggunakan parameter untuk mengetahui adanya kandungan dari Amphetamine (AMP), Methampetamine (MET), Marijuana (THC), ‎Morphine (MOP) dan Benzodiazepines (BZO).

Baca juga : Bareskrim Polri Telah Berkoordinasi, Terkait Korban Pedagangan Orang Di Tiongkok

Hasil dari kegiatan pemeriksaan terhadap tes urine kepada personel Kodim 0721/Blora dengan jumlah sekitar 300 prajurit TNI yang mengikuti upacara, tes urin dilakukan pada 20 anggota sebagai sample. Kondisi ini mengingat akan keterbatasan waktu dan peralatan yang ada dan belum ditemukan adanya penggunaan dan penyalahgunaan Narkoba.(sup)

No comments:

Post a Comment