BLANTERWISDOM101

Sekitar 10 Hektar Hutan Milik Warga Desa Semanten Ludes Di Lahap Si Jago Merah

PawartaNusantara.com | Pacitan - Kebakaran hutan akibat oknum yang tidak bertangung jawab kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pacitan, Kali ini si jago merah melahap hutan jati milik warga masyarakat Dusun Krajan Rt/Rw 3/3 Desa Semanten Kecamatan Pacitan atau tepatnya di gunung Durenan.

Mulai sore hari api sudah terlihat di atas gunung yang tampak dari belakang pemukiman warga namun jaraknya masih cukup jauh, Namun menjelang malam hari kobaran api semakin membesar dan mulai mendekati pemukiman sehingga warga berinisiatif melaporkan ke pihak Pemadam Kebakaran Satpol PP pacitan.

Menurut Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Pacitan Suyanto mengatakan, Setelah mendapatkan laporan dari warga pihaknya segera mengirimkan dua unit mobil Damkar menuju lokasi.

"Setibanya di lokasi pemadam kebakaran Satpol-PP Pacitan dibantu Babinsa, Babinkamtibmas, anggota Sat Linmas, Banser serta Warga Dusun Krajan Desa Semanten melaksanakan pembasahan dan pemadaman di sekitar agar api tidak menjalar ke pemukiman warga,"jelasnya, Mingguu (23/9/2018) malam.

Lebih lanjut Suyanto menambahkan, Pihaknya di bantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota Sat Linmas, Banser serta masyarakat terus melakukan pemadaman disekitar pemukiman warga untuk mengantisipasi api agar tidak mejalar masuk ke Pemukiman.

"Sekira pukul 22.25 WIB, Api yang mendekati pemukiman berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran Satpol-PP Pacitan dibantu Babinsa, Babinkamtibmas, anggota SatLinmas, Banser serta Warga Dusun Krajan Desa Semanten,"tandasnya.

Semntara Kasi Satlinmas Satpol PP Pacitan Ratna Budiono,A.Md menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan dan tetep waspada apabila ada kebakaran susulan untuk segera melaporkan kepada aparat setempat.

"Kepada masyarakat agar jangan melakukan pembakaran lahan,apa lagi di saat musim kemarau seperti ini, dan kepada masyarakat Dusun Krajan agar cepat tanggap jika nanti ada indikasi api membesar kembali dan mendekati pemukiman supaya segera lapor ke aparat setempat,"himbaunya.

Sekira pukul 22.30 WIB, 2 unit mobil pemadam kebakaran Satpol-PP Kabupaten Pacitan dan Sat Linmas Satpol-PP kembali usai melaksanakan tugas membantu masyarakat memadamkan api serta disambut langsung oleh Kasatpol PP di Mako Damkar.

Baca juga : Mobil Boks Terjun Bebas Ke Jurang Sedalam 4 Meter Di Jalur Pacitan-Solo Km 17

Di perkirakan 10 Hektar hutan jati, sengon dan Akasia milik masyarakat Desa Semanten hangus terbakar, kerugian ditaksir sekitar Rp 20 juta.(tyo)
Share This :

0 komentar