Tumbuhkan Minat Baca Perpusnas Gelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Di Pacitan - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

PAWARTA TV

Friday, 14 September 2018

Tumbuhkan Minat Baca Perpusnas Gelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Di Pacitan

PawartaNusantara.com | Pacitan - Untuk menumbuhkan minat baca kepada seluruh lapisan masyarakat juga kepada generasi muda, Perpustakaan Nasional mengelar Safari Gerakan Nasional pembudayaan kegemaraan membaca dan Pengukuhan Bunda Baca di Kabupaten Pacitan, Acara yang diselengarakan di Pendopo Kabupaten tersebut, Turut serta Anggota DPR RI Komisi X Yayuk Sri Rahayuningsih dan di hadiri Pelajar,Mahasiswa serta para pemuda,

Bupati Pacitan Indartato saat membuka acara tersebut mengatakan, Penguasaan akan ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang sangat vital. Oleh karena itu, Masyarakat harus membudayakan membaca, Karena dengan membaca kita akan semakin bertambah ilmu dan pengetahuan, Sebab buku adalah jendela dunia.

“Jika ingin menguasai dunia, bacalah, Karena dengan membaca akan semakin terasah pengetahuan kita” ujar orang nomor satu di lingkup Pemkab, Jum’at (14/9/2018).

Lebih lanjut Bupati menegaskan, Pemerintah kabupaten bertekat serta berupaya dalam menggugah minat baca warganya tidak main-main, Selain menyediakan perpustakaan yang memadai, Pihaknya juga menjalin kerjasama lintas instansi. Bukan hanya dengan Dinas Pendidikan, kerjasama dilakukan pula dengan Polres Pacitan, RSUD dr. Darsono, dan STKIP PGRI Pacitan.

"Tahun depan Pemkab akan memberikan hadiah undian, Hadiah diberikan kepada para pengunjung perpustakaan daerah sebagai salah satu stimulan,Terlebih indeks membaca di Pacitan masih diangka 67,4,"tandas Indartato.

Sementara Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Widiyanto mengatakan, Perpustakaan harus menjadi penyangga pendidikan di daerah. Sebab, meski telah memiliki perpustakaan sendiri itu belum mencukupi. Perpus sekolah dan Kuliah belum mencukupi untuk semua kebutuhan literasi, Apalagi untuk mahasiswa.

"Walau keterbatasan perputakaan di lingkungan belajar, Namun jangan menyurutkan niat membaca karena pintu kita menuju kesuksesan dengan rajin membaca. Para pemuda kita adalah pemuda yang inovatif sehingga dengan mudah menerapkan dikehidupan sehari-hari, Dengan membaca, Otak kita akan terus bekerja dengan menambah daya ingat serta membuat ketajaman berfikir menjadi realistis,"tegasnya.

Menurut pria kelahiran Jakarta ini menambahkan, Kandungan informasi disetiap koleksi buku bacaan harus disebarluaskan kepada masyarakat. Terlebih perpustakaan telah menjadi salah satu urusan wajib pemerintah daerah.

“Ketika perpustakaan sudah dapat menyediakan informasi, Maka masyarakat akan dengan mudah untuk memanfaatkannya serta menambah minat baca,”tandasnya.

Hal senada juga di sampaikan Anggota Komisi X DPR RI Yayuk Sri Rahayuningsih, Daya baca masyarakat sekarang ini masih rendah jangan sampai anak-anak kita terlena dengan media sosial dan lainnya, Diharapkan orangtua membimbing anaknya menjadi anak yang gemar membaca.

"Jangan sampai anak muda di Pacitan terlalu jauh tertinggal karena engan membaca, Ayo kita galakan semanggat membaca, Mari penuhi perpustakaan yang ada di Kota dan Desa agar kita semakin cerdas,"tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut di lakukan Pengukuhan bunda baca Kabupaten Pacitan Kepada Luki Indartato oleh Perpusnas RI serta Penandatanganan perjanjian antara Dinas Perpustakaan dengan Dinas Pendidikan, Kemenag, RSUD dr Darsono, Polres Pacitan dan STKIP PGRI

Baca juga : Penyerahan Bantuan Dari BUMD Kota

Hadir dalam acara tersebut Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Anggota DPR RI Komisi X Yayuk Sri Rahayuningsih, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas Widiyanto, Kepala Dinas Perpustakaan Prov Jawa Timur Nuris Agustin, Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno, Kasdim 0801 Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan, Kemenag Pacitan M Nurul Huda, Kepala Dinas Perpustaan Pacitan Warito, Kepala Dinas Pendidikan Sudaryono, Anggota DPRD Pacitan, Perwakilan pengurus Perpustakaan Desa se Kabupaten, Perwakilan Mahasiswa dan pelajar SMA/Ma se Kabupaten Pacitan.(tyo)

No comments:

Post a Comment