BLANTERWISDOM101

Deklarasi Dukungan Joko Widodo-Ma’ruf Amin Dari Kiai Kampung se-Jawa Barat

PawartaNusantara.com | Dukungan dari kalangan pemuka agama kian masif terhadap pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hal ini seiring rencana deklarasi dukungan dari kiai kampung se-Jawa Barat.

Deklarasi dukungan itu sedianya akan dilakukan pada acara “Doa untuk Sulawesi Tengah & Halaqah Kebangsaan Syuriyah NU dan Kyai Lembur II-III Jawa Barat” di Pesantren Al Muhajirin, Sukatani, Purwakarta, dilansir RMOL Rabu (3/10) besok. Acara ini diinisiasi oleh Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW)

Sekretaris Jenderal PB MDHW Hery Haryanto Azumi menegaskan bahwa kiai kampung se-Jabar sudah membulatkan tekad untuk satu suara mendukung pencalonan pasangan nomor urut 01 tersebut.

Sehingga dalam acara doa bersama besok, turut akan dilakukan deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf.

“Acara nanti akan diisi dengan deklarasi dukungan 1.500 kiai kampung Jabar untuk Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (2/10).

Dia menjelaskan bahwa dampak dukungan dari kiai kampung ini sangat signifikan. Sebab secara sosio-kultural, pengaruh kiai kampung sangat kuat pengaruhnya di masyarakat.

Apalagi, dalam tradisi nahdliyin, kiai tidak sekadar tokoh panutan dalam urusan agama, tapi juga rujukan dalam beragam hal kehidupan, termasuk dalam urusan pilihan politik.

”Jadi merekalah sesungguhnya penyambung lidah rakyat dan umat. Kiai kampung punya kepemimpinan yang mengakar dan langusung bersentuhan dengan umat,” jelasnya.

Dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf bukan semata karena keduanya adalah bagian dari PB MDHW, Jokowi sebagai ketua dewan pembina, sedang Ma’ruf Amin menjabar sebagai ketua dewan penasehat. Tetapi, dukungan juga diberikan karena pasangan ini dinilai ideal karena mewakili kelompok nasionalis dan Islam.

Baca juga : Ciptakan Kontestasi Politik Yang Fair, Tanpa Hoaks

”Selain itu, Jokowi-KH Ma’ruf Amin dinilai memiliki rekam jejak dan prestasi yang jelas,” tukasnya. []
Share This :

0 komentar