Dongkrak Kunjungan Wisata, Dispar Jawa Timur Gelar Bimtek - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Thursday, 25 October 2018

Dongkrak Kunjungan Wisata, Dispar Jawa Timur Gelar Bimtek

PawartaNusantara.com | Pacitan - Untuk meningkatkan kunjungan pariwisata yang ada di pacitan serta peran serta desa wisata dan mengenalkan destinasi wisata baru juga pelaksanaan teknis pengelolaan pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Pariwisata Alam dengan tema Kars Pacitan.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur Widarto mangatakan, Tujuan dari di selengarakannya bimtek ini adalah untuk meningkatkan potensi dan kuwalitas pariwisata agar bisa bersaing buan hanya di tingkat regional saja namun harus mampu bersaing ditingkat nasional dan dunia, Jadi dengan demikian bisa menarik kunjungan wisatawan ke Pacitan sebanyak-banyaknya.

"Karena potensi pariwisata di Pacitan cukup banyak dan destinasi wisatanya cukup di gemari baik wisatawan lokal maupun manca negara, Oleh karena itu gimana caranya pariwisata di pacitan ini bisa lebih banyak menarik wistawan untuk datang dan kembali lagi ke Pacitan,"ujarnya usai membuka Bimtek pengelolaan pariwisata di aula Hotel Graha Prima Pacitan, Kamis (25/10/2018) malam.

Lebih lanjut Widarto mengatakan, Jika bicara Pacitan maka secara luas adalah jawa timur, Karena target kunjungan wisatawan jawa timur tahun 2018 untuk dari manca negara adalah 750 ribu orang, sedangkan untuk lokal adalah 75 juta pengunjung.

"Karena di tahun 2017 kunjungan wisatawan manca negara ke jawa timur mencapai 690.509 orang sedangkan untuk wisatawan lokal mencapai 65 juta lebih, Itu artinya wisatawan manca negara yang berkunjung naik 11,6 persen dan wisatawan lokal naik 13,3 persen dari tahun 2016, Ini semua berkat kerjasama sinergi antara pariwisata kabupaten dan provinsi"bebernya.

Dinas Pariwisata Jawa timur dalam satu tahun ini mengelar kegiatan di 38 Kabupaten/Kota yang ada, Adapun kegiatan untuk meningkatkan mutu pariwisata adalah dengan mengelar Bimtek, Peningkatan kapasitas usaha masyarakat di sekitar pariwisata, Gerakan sadar wisata dan Aksi Sapta Pesona.

"Tiga kegiatan ini adalah andalan dari dinas pariwisata, Ini terbukti memiliki daya tarik wisata yang kuat untuk mengerakan masyarakat di sekitar destinasi wisata, Agar mereka mampu berbenah lingkungannya dan mampu memberikan pelayanan yang baik, Sehingga wisatawan bisa kembali lagi berkunjung ke destinasi wisata tersebut,"tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Parpora Pacitan Endang Sudjasri mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi yang melaksanakan kegiatan Bimtek di Pacitan, Karena dengan kegiatan seperti ini akan menambah pengetahuan dan cara-cara pengelolaan pariwisata di daerah mereka masing-masing agar kunjungan wisatawan di pacitan lebih meningkat lagi.

"Karena paska bencana alam akhir tahun kemarin, Kunjungan pariwisata di pacitan menurun di karenakan informasi yang berkembang adanya bencana susulan dan yang lainnya, Sehingga mereka membatalkan rencana berkunjung ke Pacitan, Ditambah lagi beberapa waktu lalu adanya cuaca ekstrem di sepanjang pantai di pacitan, jadi baru beberapa bulan ini kita bekerja keras untuk menegmbalikan kepercayaan wisatawan untuk datang kembali ke kota yang berjuluk 1001 goa ini,"tandasnya.

Kegiatan Bimtek yang di ikuti kelompok desa wisata,Pokdarwis dan Kepala Desa yang memiliki destinasi wisata di gelar selama 3 hari hingga tanggal 27 Oktober mendatang.(tyo)

No comments:

Post a Comment