Polres Blora Amankan dan Kawal Apel dan Kirab Hari Santri Nasional Kabupaten Blora - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Monday, 22 October 2018

Polres Blora Amankan dan Kawal Apel dan Kirab Hari Santri Nasional Kabupaten Blora

PawartaNusantara.com | Blora - Senin,(22/10/2018) hari ini adalah puncak Perayaan Hari Santri Nasional di wilayah Kabupaten Blora.Bertempat di Alon Alon Kabupaten Blora hari ini di gelar Apel dan Kirab Hari Santri Nasional PCNU Kabupaten Blora. Apel dipimpin langsung Oleh Bupati Blora Djoko Nugroho. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati H.Arief Rohman.Msi,Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H , Forkopimda Kabupaten Blora atau yang mewakili, Forkompinda Kecamatan Blora, Para kiai, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Adapun peserta Apel adalah masing masing satu pleton dari, TNI, Polri, Satpol PP, GP Ansor, Banser, PC IPNU, PC PMII dan peleton. Pelajar dan santri. Dalam Amanatnya Bupati Blora membacakan Amanat dari Menteri Agama Republik Indonesia yang intinya bahwa Hari Santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia. Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat.

"Marilah kita tebarkan kedamaian, kapanpun, dimanapun, kepada siapapun". Amanat menteri Agama RI yang dibacakan Bupati Blora.

Dengan Tema "Bersama Santri Damailah Negeri" Kementerian Agama pada peringatan tahun 2018 ini mengangkat isu perdamaian sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti maraknya hoaks, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propaganda kekerasan, hingga terorisme.

Seusai membacakan Amanat Menteri Agama Republik Indonesia Bupati Blora dihadapan peserta Apel Mengucapkan selamat hari Santri kepada seluruh warga Blora dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apel di tutup dengan doa bersama yang kemudian dilanjutkan pelepasan secara simbolis Kirab Santri yang diikuti oleh 10.000 an santri dari seluruh Kabupaten Blora Oleh Bupati Blora.

Kapolres Blora AKBP Saptono,S.I.K,M.H Melalui Kabag Ops mengungkapkan bahwa Polres Blora telah siagakan anggota untuk pengamanan maupun pengawalan kegiatan hari santri nasional di wilayah kabupaten Blora. "Baik Apel Maupun Kirab telah kami ploting anggota untuk pengamanan dan pengawalan sehingga tidak menganggu arus lalu lintas,dan tidak menimbulkan kemacetan". Ucap Kabag Ops.


Lebih lanjut Kabag Ops menjelaskan bahwa tidak hanya pengawalan di Lokasi saja, namun pemberangkatan dari Kecamatan pun di kawal dari Polsek jajaran masing masing. 

Kirab yang start dari Alon Alon Blora dan Finish di Gor Mustika Berjalan ramai dan meriah, jalanan penuh dengan santri yang mengikuti Kirab. Dengan pengamanan dan pengawalan dari Polres dan Polsek Blora Kirab berjalan aman dan lancar tanpa menimbulkan kemacetan.[hs]