Semarak Hari Santri Nasional 2018 Pacitan Digelar Selama Sepekan - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Monday, 22 October 2018

Semarak Hari Santri Nasional 2018 Pacitan Digelar Selama Sepekan

PawartaNusantara.com | Pacitan - Semarak Hari Santri Nasional tahun 2018 di Kabupaten Pacitan berlangsung meriah, Di awali dengan Pertandingan sepak bola api dan di lanjutkan dengan apel Hari santri yang di ikuti sekitar 22 ribu orang tersebut menambah meriahnya suasana.

Kepala Kantor Agama Pacitan yang juga sebagai ketua panitia Hari santri nasional Kabupaten Pacitan Muh Nurul Hudha mengatakan, Pelaksanaan HSN tahun ini memang lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, Karena tahun ini bukan hanya santri dari Pondok pesantren saja yang mengikuti acara ini, Namun seluruh sekolah yang berbasis Islam ikut serta dalam gelaran setahun sekali tersebut.

"Tahun ini memang di buat meriah sesuai surat resmi yang kami terima dari Sekjen Kemenag, Jadi saya yang berdiri di dua sisi, Selain sebagai panitia juga sebagai Kepala Kemenag pacitan memerintahkan kepada seluruh Ponpes,Madrasah mulai dari RA hingga MA(Madarasah Aliyah) juga Perguruan tinggi Islam untuk mengikuti kegiatan ini,"jelas Hudha kepada pewarta usai pelaksanaan Apel dan Pawai ta'ruf di alun-alun pacitan, Senin (22/10/2018).

Lebih lanjut Hudha menambahkan, Dengan meriahnya Hari Santri tahun ini menandakan bahwa kontribusi santri untuk negri ini begitu besar, Hal ini sesuai Resolusi jihad yang di dengungkan pendiri NU KH Hasyim Asyari pada tanggal 22 Oktober 1945.

"Kalau dulu para santri merebut kemerdekaan dengan mengankat senjata, Namun di jaman merdeka ini santri mengisi kemerdekaan dengan belajar dan berinofasi membangun negri dengan prestasi yang membanggakan,"tambahnya.

Gelaran Hari Santri tahun ini berlangsung selama 8 hari di mulai kegiatan Brojo Geni di lanjutkan dengan Apel dan Pawai ta'ruf serta ada 120 lapak bazar yang di gelar di alun-alun, Kemudian akan di adakan Konser Amal untuk korban bencana Palu,Sigi dan Donggala dengan menampilkan Mustofa vokalis Debu.

Di hari berikutnya di gelar Fashion Show serta di gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Dilanjutkan Gowes Sepeda nusantara, Pentas santri, Parade Jiwa Nusantara dan di tutup dengan pagelaran wayang kombo dengan menampilkan pelawak kondang jawa timur Yudho Bakiak.(tyo)