Warga Desa Tanjung Tinggi Datangi Polres Belitung, Ternyata Begini? - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

PAWARTA TV

Friday, 5 October 2018

Warga Desa Tanjung Tinggi Datangi Polres Belitung, Ternyata Begini?

PawartaNusantara.com | Belitung Babel- Tanjungpandan, sejumlah warga dari Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Prov Kep. Bangka Belitung datangi halaman belakang Mapolres Belitung. Tepatnya sekitar pukul 14.30 wib, Jum'at (5/10/2018), belasan warga Desa Tanjung Tinggi tiba di halaman belakang Mapolres Belitung.

Kedatangan mereka (warga tanjung tinggi) terkait kunjungan Tim Satgas Dana Desa yang sempat melihat dan meninjau pengerjaan Tribun Lapangan Bola Desa Tanjung Tinggi, sekitar pukul 11.30 wib. Mereka (warga) seakan tidak menerima atas kunjungan tim satgas DD  dikarenakan mendapat kabar bahwa ada oknum masyarakat mengatakan ada korupsi terselubung (terstruktur). Padahal menurut informasi yang diterima Tim Satgas DD ini, mereka melakukan monitoring dan dan evaluasi ke desa tersebut  berdasarkan laporan yang diterima humas satgas DD Kementerian Dana Desa atas laporan yang menyebutkan tidak ada pengerjaan pada tahun lalu untuk innfrastruktur yang diterima humas satgas DD. Tapi setelah mereka (tim Satgas) turun langsung mengecek ternyata pengerjaan bangunan yang dilaporkan itu sudah selesai.

Merasa tidak terima atas oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab itu, beberapa warga sijuk diantaranya Kadus dan BPD nya serta beberapa warga mendatangi halaman belakang Mapolres Belitung Tanjungpandan, untuk menemui anggota tim satgas DD ini. Setelah beberapa waktu kemudian pihak Kepolisian Belitung Tanjungpandan, menghampiri dan menanyakan terkait kedatangan sekumpulan warga tersebut lalu diminta beberapa perwakilan baik dari warga Kadus dan PJ. Kades Sijuk, maupun Tim Satgas untuk memediasi persoalan yang dimaksud oleh warga. Mediasi tersebut dilakukan diaula Mapolres Belitung dan akhirnya kedua pihak sepakat bahwa ada miscomunikasi dari laporan yang diterima warga dan apa yang telah dijelaskan oleh Tim Satgas DD.

Diruang Aula Mapolres Belitung, hadir Kapolsek Sijuk AKP Erwan Yudha, P. SH. SIK, Kasat Intel Polres AKP M. Riduan. SH, Satgas DD Marta Sanjaya, Satgas DD Douglas Pasaribu, PJ Kades Tanjung Tinggi M. Ahyadi, Kadus, BPD, dan beberapa warga. Dikatakan Marta kedatangan kami ke Desa Tanjung Tinggi, menindaklanjuti laporan warga yang masuk ke humas Satgas DD untuk itu kami ingin melihat secara langsung ke lokasi seperti apa dan bagaimana.

"Saya sudah hubungi pak Bupati Belitung atas kedatangan kami, dan kemarin saya diajak bertemu tapi waktunya tidak keburu karena posisi saya lagi di Belitung Timur," ujar Marta dihadapan warga saat diaula Mapolres Belitung.

Dan saya juga asli Belitung, lanjutnya Marta dalam hal ini saya rasa ada miscomunikasi dengan pihak warga dan  kadus maupun BPD nya, kehadiran kami disini untuk melakukan monitoring dan evaluasi terkait penggunaan dana desa. Awalnya kita mengecek laporan terkait  bangunan yang dimaksud dalam laporan yang diterima oleh Humas Satgas DD, ternyata kedua bangunan  yang dimaksud sudah selesai. Nah terkait yang tadi itu soal dugaan temuan baru namun masih dikerjakan, ujar pria kelahiran belitung itu.

Sementara Douglas mengatakan, terkait beberapa anggota TPK Desa tersebut saya hanya menyuruh mengantarkan berkas-berkas yang ada ke Polres Belitung sekalian ingin  mengajak ngobrol dikarenakan saat dilokasi sepertinya mereka tidak begitu mengerti atas apa yang saya sampaikan.

"Saya hanya menyuruh mereka mengantarkan APBD 2017, sekalian mengajak mereka cerita-cerita dan maksud saya bapak ini gak usah ikut (PJ. Kades) entah mungkin bapak ini kasihan melihat anak-anak. Soalnya tadi dilapangan banyak yang ngotot," ungkap Douglas. Diaula mapolres belitung.

Selain  itu kami ini  diperintah oleh Kementerian Dana Desa, sesuai dengan laporan yang ada. Apakah kami harus diam dan makan tidur di hotel tanpa mengecek kelokasi, kami ini kan dibayar, terus apa kata warga negara dan Kementerian  jika kami mendapat laporan bahwa  kami hanya makan tidur dihotel. Dan kami juga pernah dilaporkan  oleh oknum  LSM katanya 86 soalnya tidak ada temuan didesa yang pernah kami lakukan monitoring dan evaluasi sebelumnya, ucap Douglas.

PJ Kades Sijuk M. Ahyadi  menjelaskan soalnya mereka anak buah saya, makanya saya merasa khawatir takutnya kenapa-kenapa dijalan.

"Saya khawatir akan mereka didijalan jika menggunakan sepeda motor, takutnya kenapa-kenapa soalnya mereka juga anak buah saya," kata M. Ahyadi PJ Kades.

Terpisah, seizin Kapolres Belitung AKBP Yhudis Wibisana, SIK, Kapolsek Sijuk AKP Erwan Yudha, P. SH, SIK, saat dikonfir awak media ini dirinya  menghimbau seluruh masyarakat diwilayah hukum Polsek Sijuk untuk tidak mudah terprovokasi.

Baca juga : Satgas Dana Desa ke Beltim

"Untuk masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terpancing atau terprovikasi, mari kita jaga situasi keamanan desa kita masing-masing untuk memperlancar pelaksanaan pilkades hingga selesai," tutupnya. (Marsidi).

No comments:

Post a Comment