Danlanud Iswayudi Secara Resmi Tutup TMMD Ke 103 Kabupaten Pacitan - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Monday, 12 November 2018

Danlanud Iswayudi Secara Resmi Tutup TMMD Ke 103 Kabupaten Pacitan

PawartaNusantara.com | Pacitan - Selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-103 ini secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018 yang lalu,para prajurit TNI, anggota Kepolisian,Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 50 desa sasaran di 50 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.

Sementara TMMD di Kabupaten Pacitan yang dipusatkan di Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung secara resmi di tutup oleh Dan Lanud Iswahyudi mewakili KSAD bertempat di Lapangan Desa Purwoasri dengan tema "TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju Sejahtera Dan Demokratis", Upacara yang di dahului dengan Penyerahan hasil pekerjaan TMMD ke 103 tahun 2018 dari Dandim 0801 Letkol Kav Aristoteles HN Lawitang kepada Bupati Pacitan Idartato serta dilanjutkan sengan penandatanganan naskah serah terima TMMD.

Komandan Landasan Udara Iswahyudi Marsma TNI Widyargo Ikoputra,SE,MM dalam amanatnya mengatakan, Kegiatan TMMD merupakan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar disetiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan.

"Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat,"ucapnya saat membacakan amanat KSAD pada Upacara Penutupan TMMD ke 103 Kabupaten Pacitan, Selasa (13/11/2018).

Bahwa konsep imunitas bangsa pada dasarnya merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan TNI AD dalam memandang persoalan sosial yang berakar dari perubahan sikap hidup dan pudarnya nilai-nilai luhur budaya Bangsa, Seperti semangat untuk bersatu, menghormati perbedaan, pantang menyerah dan rela berkorban.

"Konsep pemikiran ini merupakan salah satu jawaban atas kondisi Bangsa yang semakin rentan akan pengaruh buruk modernisasi dan globalisasi, sehingga lebih mementingkan pembangunan fisik dan melupakan bahwa pembangunan nilai juga sama pentingnya, bahkan merupakan kunci kemajuan budaya suatu Bangsa ditengah kompetisi global dewasa ini,"jelasnya.

TMMD kali ini juga telah mewujudkan sinergi dan kerja sama antara 8 lembaga pemerintah setingkat kementerian. Tercatat bahwa Kementerian Agama
turut berkontribusi dalam pemberian bantuan kitab suci Al-Qur’an, Selain itu Kementerian Perindustrian juga memberikan bantuan semen dan material untuk pembangunan jalan dan rehabilitasi rumah.

"Sain sasaran pembangunan fisik dan non-fisik, Pelaksanaan TMMD juga membawa misi khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi, Serta menumbuhkan kedekatan dan kecintaan antara TNI dan rakyat."tambahnya.

Dengan telah berakhirnya TMMD ke-103 ini, KSAD berpesan kepada semua yang hadir, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat, Pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD ini, Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa.

"Peliharalah hasil-hasil program TMMD ke-103 ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing, serta jadikan diri, sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya,tandasnya.

Acara di lanjutkan dengan Bakti Sosial dengan membagikan Sembako kepada masyarakat.

Hadir dalam acara penutupan tersebut, Kabintal Kodam V/Brw Kolonel Caj Drs Suwanan, M.Pdi, Kasrem 081/Dsj Letkol Inf Agus Faridianto, Bupati Pacitan Drs Indartato,MM, Kepala Bakorwil Dr. Gatot Gunarso,SH MH, Sekda Drs. Suko wiyono MM, Kasiter Korem 081 Letkol Inf. Khamim Tohari, Pabandya Komsos Dam V/Brw Letkol Inf Nalariya, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi S.I.K, M.Hum, Dandim 0805/Ngawi Letkol Arh. Hany Mahmudi, Wadan Dilmilti Ke - III V/ I Madiun Letkol Laut Vinor, Dandenpom V/1 Letkol Cpm Hermanto,SH, Kasdim 0807/Tulungagung Mayor Inf. Samsul hadi, Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Wahono, Danyon Armed 12 Kostrad Mayor Arm Ronald F Siwabessi, Dandesn Meteorologi Auri Pacitan Kapten Tek Arfan, Forkopinda, Camat Kebonagung Sugeng Widodo, Kepala Desa se Kec Kebonagung, Ketua KNPI M. Rofikin serta Tokoh Pemuda dan Masyarakat.(tyo)