Dengan Operasi Zebra Semeru 2018, Menekan Angka Pelanggaran Dan Kecelakaan Lalu Lintas - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Thursday, 1 November 2018

Dengan Operasi Zebra Semeru 2018, Menekan Angka Pelanggaran Dan Kecelakaan Lalu Lintas

PawartaNusantara.com | Pacitan - Pelaksanaan Operasi Zebra 2018 yang digelar Polda Jawa Timur sudah di mulai sejak tanggal 30 Oktober yang lalu, Kegiatan dengan sandi Operasi Zebra Semeru 2018 di gelar Jajaran Polres Pacitan hingga dua pekan mendatang.

Menurut Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin mengatakan, Kegiatan yang di laksanakan Satuan Lalu lintas Polres Pacitan, Selain mewujudkan keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas atau Kamseltibcar lantas yang lebih baik serta menekan angka pelangaran lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Pacitan.

"Selain untuk mewujudkan Keamanan dan Keselamatan juga tertib lalu lintas di wilayah hukum Polres Pacitan, Operasi tersebut juga dilaksanakan untuk upaya cipta kondisi operasi lalin tahun 2018 dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru 2019 mendatang,"ujar Kasatlantas kepada pewarta, Kamis (1/11/2018).

Lebih lanjut Miftahul Amin menambahkan, Berdasar data yang ada, Angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017 mengalami penurunan signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya 2016.

Dari 2.960 angka kejadian, Kini berhasil ditekan menjadi 2.097 atau turun 41 persen, sementara angka jumlah korban jiwa turun 67 persen. Sedangkan jumlah pelanggaran justru mengalami peningkatan hingga 200 persen.

“Kami tidak bisa menyalahkan, namun kami menekankan pendidikan lalu lintas harus dimulai sejak dini, Sehingga pada kesempatan ini pelajar kami libatkan dalam kegiatan agar mereka tahu tujuan, sasaran hingga manfaatnya dapat di mengerti, Jadi operasi ini selain menindak pelanggaran juga kita sosialisasi mengenai aturan lalu lintas bagi para pelajar,” tambahnya.

Disinggung masih adanya pengendara di bawah umur, Kasat lantas mengatakan bahwa akan diproses sama seperti yang lain, Yakni berupa teguran dan tilang. Namun pihaknya mengatakan sebelum operasi ini digelar, telah dilaksanakan berbagai kerja sama untuk menggelar sosialisasi.

“Secara fisik anak di bawah umur mungkin sudah bisa menjalankan kendaraan sepeda motor, Namun secara mental dan emosional belum dapat mengantisipasi keadaan di jalan, Serta sesuai aturan belum di perbolehkan mengunakan kendaraan sepeda motor,”imbuhnya.

Selama rentang waktu Januari hingga Oktober 2018 angka kasus laka lantas sebanyak 228, Diantaranya 37 orang Meningal dunia, Yang mengalami Luka berat ada 18 orang sedangkan yang mengalami luka ringan sebanyak 282 orang, Selama dua hari kegiatan operasi zebra di gelar, Satlantas mencatat 146 pelangaran.

"Semoga dengan di laksanakannya Oprasi zebra ini bisa menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menjadikan masyarakat Pacitan sebagai pelopor Keselamatan lalu lintas,"tandasnya.(tyo)

No comments:

Post a Comment