Dengan Semangat Hari Pahlawan, Indonesia Butuh Pahlawan Baru Di Bidangnya - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Saturday, 10 November 2018

Dengan Semangat Hari Pahlawan, Indonesia Butuh Pahlawan Baru Di Bidangnya

PawartaNusantara.com | Pacitan - Dengan penuh semangat pantang menyerah, serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur, para syuhada bangsa tersebut mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah berdiri kokoh sampai saat ini dengan dengan darah serta pejuangan. Dengan semangat membara pada 73 tahun silam para pejuang bertempur untuk melawan penjajah mempertahankan bangsa ini.

Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa yang gugur dalam pertempuran di Surabaya pada 10 November sehinga di kenal dengan sebutan Hari Pahlawan. Bentuk rasa terimakasih kepada pahlawan maka di gelar prosesi upacara pengibaran Bendera Merah Putih Serta Mengheningkan Cipta Secara Serentak Selama 60 Detik yang dilakukan di seluruh pelosok tanah air. Bahkan di perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri.

Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Serta untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara dihati bangsa dan Indonesia.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah,” Kata Bupati Indartato pada amanatnya saat Upacara Hari Pahlawan yang digelar di Monumen Jenderal Sudirman Desa Pakis Baru Kecamatan Nawangan, Sabtu (10/11/2018)

Dengan tema semangat Pahlawan di Dadaku, mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapa pun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat,

“Kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia, Serta untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara,” lanjut orang nomor satu di Pacitan tersebut.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait hal tersebut bangsa Indonesia memerlukan para Pahlawan-pahlawan baru sebagai penerusnya. Bangsa ini membutuhkan sosok berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri tercinta ini, Terlebih lagi saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan.

“Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial. Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain. khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industry 4.0,”tambahnya.

Pada momentum tersebut Bupati mengajak seluruh generasi pemuda Pacitan untuk melakukan tindakan yang terbaik bagi bangsa sesuai dengan kemampuan dan bidangnya. Untuk berkontribusi kepada bangsa dari lingkungan terdekat yang akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

"Mari para pemuda generasi penerus bangsa ini, lanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan bangsa ini, Jika dulu para syuhada berjuang mengangkat senjata melawan penjajah, Kini kita isi kemerdekaan dengan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara tercinta ini sesuai dengan bidang dan kemampuan agar bermanfaat,"tandasnya. 

Pada kesempatan tersebut Bupati hadir didampingi istri Luki Indartato, Wabup Yudi Sumbogo beserta istri, Sekda Suko Wiyono didampingi istri, Ketua DPRD Roni Wahyono, Wakil Ketua DPRD Gagarin, Dandim 0801 Letkol Kav Aristoteles HN Lawitang, Wakapolres Kompol Hendry, Ketua DHC BPK' 45
Imam Haryono,Pejabat di linhkup Pemkab,Kepala OPD dan Badan,Ketua KNPI Pacitan Muhammad Rofiqin,Tokoh Masyarakat,Pemuda serta dengan 1500 peserta upacara dari TNI/Polri,Satpol PP Mahasiswa,Pelajar dan Masyarakat.(tyo)

No comments:

Post a Comment