DPRD BABEL Usul Bangun Museum Depati Amir - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Tuesday, 13 November 2018

DPRD BABEL Usul Bangun Museum Depati Amir

Ketua DPRD Prov Babel Didit S, foto bersama cicit Depati Amir, Muchtar. (12/11/2018).
PawartaNusantara.com |Pangkalpinang Bangka. DPRD Babel mengusulkan untuk membangun Museum Depati Amir. Hal ini menyusul setelah ditetapkannya Depati Amir menjadi Pahlawan Nasional asal Bangka Belitung pada tanggal 8 November 2018 lalu.

Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya menyampaikan apresiasinya diruang kerjanya saat bertemu cicit Depati Amir, Muchtar kepada seluruh pihak yang telah mewujudkan cita-cita masyarakat Babel memiliki pahlawan nasional. (12/11/2018).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada tim perjuangan pahlawan nasional Babel, Masyarakat, pemerintah daerah yang telah mampu memperjuangkan seorang putra Babel menjadi Pahlawab Nasional yaitu Depati Amir. Kami juga berterima kasih DPRD dan Pemerintah daerah dan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang telah turut merekomendasikan," kata Didit.

Didit menilai dengan hadirnya museum ini penting untuk terus menjaga euforia kepahlawanan. Isi museum ini bukan hanya tentang perjuangan Depati Amir saja, tetapi perjuangan tokoh  bangsa Babel yang turut memperjuangkan  Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami minta sebelum museum ini dibangun untuk menggali fakta sejarah, sehingga pada saat museum dibangun isinya sudah ada. Teknis pembangunannya, kami serahkan ke Pemprov tapi keinginan DPRD akan mengusulkan 2020 harus dibangun Museum Depati Amir, sehingga masyarakat kita timbul rasa nasionalisme," ujar Didit.

Beliau menambahkan Museum ini juga bisa menjadi situs sejarah dan wisata sejarah baru yang dimiliki Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tak kalah pentingnya, adanya museum ini diharapkan generasi muda menjadi lebih paham Bangsa Indonesia merdeka  bukan karena pemberian tapi perjuangan para pahlawan mengorbankan  jiwa dan raga.

Sementara itu Cicit Depati Amir, Muchtar merasa bangga atas inisiatif DPRD untuk membuatkan museum perjuangan kakeknya. Ia juga berharap nantinya, generasi muda dapat meneladani sikap perjuangan dan nasionalisme para pahlawan.

"Saya ucapkan terimakasih atas apresiasi dan inisiatif dari DPRD Babel untuk membangun museum. Kami keluarga bangga dan bersyukur antusias menerima Depati Amir bukan hanya di Babel tapi juga di Kupang," ucap Muchtar.

Pihaknya berencana akan menyerahkan plakat penetapan gelar pahlawan nasional dan SK asli dari Presiden akan diberikan kepada pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Plakat dan surat penghargaan dan  Kepres akan kita serahkan ke Pemprov Babel, karena yang paling banyak berjuang yaitu masyarakat Babel, bukan kami keluarganya," terangnya. (Rls/ humas-Budi Setyo).