Hujan Mulai Menguyur Pacitan, Beberapa Wilayah Diterpa Bencana Longsor - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Wednesday, 7 November 2018

Hujan Mulai Menguyur Pacitan, Beberapa Wilayah Diterpa Bencana Longsor

PawartaNusantara.com | Pacitan - Curah hujan dengan intensitas tinggi yang menguyur kota Kelahiran Presiden RI ke 6, Sepanjang kurun waktu kurang lebih 12 jam dari tanggal 5-6 November 2018, Mengakibatkan beberapa wilayah di beberapa Kecamatan terdampak bencana.

Menurut Kasatpol PP Pacitan Widi Sumardji, mengatakan, Dari hasil laporan anggota Sat Linmas di masing-masing Desa ke Posko Sat Linmas Satpol-PP Kabupaten, Ada beberapa data yang di himpun.Seperti yang terjadi di sebelah barat jembatan Scoro Desa Sukorejo Kecamatan Sudimoro, Tebing mengalami longsor hingga menutup sebagian ruas jalan Pacitan - Trenggalek, Setelah berkordinasi dengan Dinas PUPR BPJ Pacitan beberapa jam kemudian jalur sudah bsa di lewati setelah di lakukan pembersihan matrial longsor.

"Selain tebing yang longsor juga terjadi tiang listrik roboh menutup separuh jalan di sebelah timur Koramil,tepatnya di Dusun Krajan Desa Sumberejo, Dan di tanjakan Kaliuning Desa Bawur serta di Desa Pager Lor,  Kemudian sebagian Talud SMPN 6 Sudimoro juga roboh akibat hujan yang menguyur di wilayah tersebut,"ujar mantan Kadis kominfo Pacitan kepada pewarta, Rabu (7/11/2018).

Lebih lanjut Kasatpol PP mengatakan, Selain di Kecamatan Sudimoro, Di beberapa wilayah lain juga terjadi Bencana tanah longsor yang menimpa rumah Boiman di Dusun Nglembu Desa Pagerejo Kecamatan Ngadirojo, Kemudian anggota SAR Linmas Satpol PP bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta warga masyarakat lakukan kerja Bhakti membuat saluran agar air tidak masuk ke dalam rumah.

" Diwaktu yang yang sama juga terjadi tanah longsor yang menimpa rumah  Nurudin,warga Rt/Rw 2/8 Dusun Bulih Desa Wonoanti Kecamatan Tulakan, Berakibat jebolnya dinding rumah tersebut,"tambahnya.

Sementara di wilayah Kecamatan Kebonangung juga terjadi bencana salah satu rumah roboh milik Makali warga  Rt/Rw 1/ 2 Dusun Klawe Desa Sidomulyo, Untuk wilayah Kecamatan Donorojo juga terjadi longsor yang menimoa rumah milik Suratno yang berada di Dusun Krajan Wetan Rt/Rw O2/O1 Desa Kalak.

"Dengan adanya kejadian tersebut Kasi Trantib Kecamatan bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas dibantu anggota Sat Linmas dan warga masyarakat membantu mengevakuasi dan melakukan pembersihan di lokasi longsor,"tandasnya.

Di himbau kepada masyarakat yang berada di bawah lereng dan perbukitan agar lebih waspada dan berhati-hati dengan memasuki musim penghujan, Karena kultur tanah yang labil paska musim kemarau.(tyo)

No comments:

Post a Comment