Jangan Anggap Enteng, Bila Dokumen Ini Hilang - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Tuesday, 6 November 2018

Jangan Anggap Enteng, Bila Dokumen Ini Hilang

Poto ilustrasi.
PawartaNusantara.com | Jangan pernah menganggap enteng urusan legalitas rumah, karena hal ini sangatlah penting guna menjamin keabsahan rumah yang kita miliki. Selain sertifikat rumah, ada satu hal lagi yang perlu Anda miliki yakni Izin Mendirikan Bangunan (IMB),(6/11).

Pergi ke badan perpustakaan dan arsip daerah (BPAD), bawa Fotokopi KTP, SHM, IMB, surat permohonan. Jangka waktu pengurusan maksimal 7 hari kerja dan terkait biaya pengurusan gratis.

Keberadaan IMB ini tentu sangatlah penting, karena bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukan lahan. IMB ini juga berfungsi sebagai penganalisis masalah keamanan desain bangunan, bahkan  keberadaan IMB juga sangat dibutuhkan ketika terjadi transaksi jual beli rumah. Pemilik rumah yang tidak memiliki IMB nantinya akan dikenakan denda bangunan tanpa IMB sebesar 10% dari nilai bangunan, dilansir LAMUDI, bahkan rumah juga bisa dibongkar.

Jika IMB hilang, apakah harus membuat yang baru?, jika kebetulan IMB Anda hilang tidak perlu untuk membuat yang baru, karena selain membutuhkan waktu yang lama, Anda pun harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan jika IMB hilang: 

1. Pergi ke Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah
Hal pertama yang harus dilakukan jika IMB hilang adalah pergi ke Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah di tempat Anda berada, karena disanalah tempat menyimpan arsip atau salinan IMB yang pernah kita buat. Untuk sekedar informasi, Waktu / jam buka Badan Perpustakaan Arsip Nasional adalah setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 09.00 hingga 15.00 sore. 

2. Dokumen yang harus dibawa Ketika IMB Hilang
Ketika datang ke Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, Anda harus membawa beberapa dokumen, yakni

Fotokopi KTP
Fotokopi sertifikat kepemilikan tanah, atau Sertifikat Hak Milik (SHM).
Foto kopi IMB (jika ada), atau nomor IMB yang didapatkan dari PTSP Kecamatan, serta
Surat permohonan untuk mendapatkan arsip yang ditujukan kepada BPAD.

3. Lama / Jangka Waktu Pengurusan IMB Hilang di BPAD
Lama untuk mendapatkan dokumen IMB di BPAD tergantung dari lama tahun pembuatan IMB itu sendiri, semakin lama lama tahun pembuatan IMB, maka semakin lama juga dokumen yang akan didapatkan. Namun, paling lama waktu untuk mendapatkan dokumen IMB di BPAD adalah 7 hari.

4. Biaya Pengurusan IMB Hilang Gratis.

Jadi untuk mengurus IMB yang hilang di BPAD, setiap pemohon tidak dikenakan biaya pengurusan IMB hilang sepeser pun alias gratis. [pn]