Ratusan Pengendara Terjaring Operasi Zebra Semeru 2018 Satlantas Polres Pacitan - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Friday, 2 November 2018

Ratusan Pengendara Terjaring Operasi Zebra Semeru 2018 Satlantas Polres Pacitan

PawartaNusantara.com | Pacitan - Operasi Zebra Semeru 2018 yang digelar jajaran Polres pacitan, Memasuki hari ke empat masih didapati pelangaran pengendara baik roda dua dan empat yang tidak melengkapi surat-surat kendaraannya.Seperti saat operasi yang dilakukan Satlantas dibeberapa titik di wilayah pacitan.

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin melalui KBO Lantas Ipda Susilo mengatakan, Operasi yang digelar untuk menekan angka pelangaran lalu lintas serta pengecekan serta penindakan pengendara baik roda dua dan empat yang tidak melengkapi surat-surat kendaraannya serta kelengkapan kendaraan yang di gunakan.

"Kita lakukan tidakan bagi pengendara dan pengemudi yang tidak mentaati peraturan lalu lintas dan tidak melengkapi surat-surat serta kelengkapan kendaraan saat di bawa oleh pengendara,"ujar KBO lantas kepada pewarta usai memimpin operasi, Jum'at (2/11/2018).

Lebih lanjut Susilo menambahkan bahwa sasaran dari Operasi Zebra adalah pelangaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, Seperti pelangaran saat Pengemudi dan pengendara yang menggunakan handpone, Mengendarai dengan melawan arus, Pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu, Pengendara di bawa umur, Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, Mengendarai dan menggemudi menggunakan narkoba serta dalam kondisi Mengkonsumsi minuman keras dan Pengemudi berkendaraan melebihi batas kecepatan yang di tentukan.

"Jadi diharapkan kepada pengendara baik roda dua dan empat, Sebelum berangkat beraktifitas atau keluar dari rumah mengunakan kendaraan, Terlebih dahulu periksa kelengkapan, Seperti Helm, Surat menyurat kendaraan juga kelengkapan kendaraan harus sesuai spektek meliputi spion, lampu, ban dan lainya,"tambahnya.

Bagi pengendara di bawah umur yang belum memiliki SIM agar jangan membawa kendaraan bermotor, Karena di samping aturan yang beluum memperbolehkan juga mrnghindari pelangaran lalu lintas yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

"Bagi orang tua agar bisa memberikan arahan kepada putra/putrinya yang masih di bawah umur agar jangan di ijinkan terlebih dahulu mengunakan kendaraan, Jadi peran serta orang tua sangat pentig untuk keselamatan bagi anak-anaknya juga orang lain,"tandasnya.

Hasil kegiatan Operasi di hari ke empat ini berhasil menindak pengendara dan pengemudi dengan 119 terkena sangsi Tilang, 5 mendapatkan teguran, Ada 115 pengendara roda dua yang terjaring Operasi, 3 Mobil pribadi serta 1 Pick up.

Sementara petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa STNK roda dua sebanyak 99, roda empat 2, SIM 13 serta Kendaraan roda dua ada 5 unit.

Di himbau kepada semua lapisan masyarakat Pacitan, Mari Stop Pelangaran, Stop Kecelakaan, Jadilah pelopor keselamatan bagi diri sendiri dan orang lain.(tyo)