Bawaslu: Kami akan terus memberikan sosialisasi kepada peserta pemilu - PAWARTANUSANTARA.COM

Breaking

PAWARTA TV

Thursday, 20 December 2018

Bawaslu: Kami akan terus memberikan sosialisasi kepada peserta pemilu


PawartaNusantara.com | Pesta demokrasi akbar akan digelar di negri ini, Pemilihan umum, Pil caleg serta Pilpres akan di gelar april 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang merupakan lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti diatur dalam bab IV Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Bawaslu Pacitan dalam pelaksanaan tugas pengawasan masih mengedepankan pemikiran positif dan upaya pencegahan terhadap segala kemungkinan terjadinya pelanggaran yang mungkin dilakukan para peserta pemilu. Lembaga pengawas pemilu itu beranggapan, bila selama ini pernah terjadi pelanggaran, mungkin itu lebih disebabkan kurang pahamnya peserta pemilu terhadap dinamika aturan yang terus berubah.

"Kami akan terus memberikan sosialisasi kepada peserta pemilu termasuk para caleg dan calon DPD. Agar mereka lebih memahami aturan kampanye. Dengan harapan, setelah mereka paham, tidak akan lagi terjadi pelanggaran," ujar Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stevanus saat membuka Sosialisasi Pengawasan Kampanye kepada peserta Pemilu tahab I di ruang Pertemuan Hotel Permata, Kamis (20/12/2018).

Lebih lanjut mantan Sekretaris KPU tersebut mengatakan, Kegiatan sosialisasi itu lebih ditekankan kepada semua peserta pemilu dan para calegnya agar mereka lebih memahami aturan-aturan kampanye.

"Tugas Bawaslu memang lebih spesifik kepada penegakan aturan, pelanggaran dan penjatuhan sanksi. Sehingga sekecil apapun dinamika aturan yang terjadi, diharapakan bisa dipahami semua peserta pemilu,"tambahnya.

Selain memberikan pemahaman aturan kepada peserta pemilu, kegiatan sosialisasi itu juga sebagai media mempererat tali silaturahim antara penyelenggara pemilu dan peserta pemilu.

"Dalam segala hal kita harus saling terbuka agar proses demokrasi ini bisa berjalan damai dan sukses seperti yang diharapkan bersama," tandasnya.

Acara yang di hadiri Para peserta Pemilu baik itu dari Partai Politik, Calon Legeslatif (caleg) dan calon anggota DPD RI, Walau tampak tingkat kehadiran para caleg pada acara tersebut tidak sesuai undangan namun acara tetap berjalan dengan lancar.(tyo)

No comments:

Post a Comment