BLANTERWISDOM101

Dalam Rangka Hari Pohon Sedunia, Bupati Serahkan Ribuan Batang Trembesi dan Bakau


PawartaNusantara.com | Penghijauan adalah upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi lahan agar lingkungan memiliki kondisi alam yang baik sehingga nyaman untuk penghuninya. Berarti penghijauan tidak hanya terbatas pada penanaman pohon saja, tetapi juga termasuk menjaga kebersihan, pengaturan air, perlindungan lingkungan dari kerusakan, dan sebagainya.

Sepwrti halnya yang di lakukan PT. PJB UBJOM Pacitan bersama-sama Pemerintah Kabupaten Pacitan memberikan bantuan ribuan batang bibit tanaman penghijauan untuk sejumlah kawasan di wilayah Kecamatan Pringkuku.

Menurut Bupati Pacitan Indartato mengatakan, Dalam rangka Gerakan Penghijauan dan Pelestarian lingkungan tahin 2018, Pemkab bersama OT PJB UBJOM memberikan bantuan ribuan batang bohon, Nantuan tersebut terdiri dari 1.500 batang trembesi, 200 batang alpukat, 1.000 batang tanaman bakau dan pupuk kompos.

“Hari ini adalah peringatan hari Pohon sedunia, Dengan demikian mari kita laksanakan gerakan menanam seribu pohon," ujar Bupati saat memberikan sambutan di acara tersebut yang digelar di Lapangan Desa Dersono, Selasa (18/12/2018).

Lebih lanjut Pak In sapaan akrab orang nomor satu dinlingkup pemkab tersebut menambahkan, Gerakan menanam seribu pohon kali ini  diimplementasikan dengan gerakan penghijauan dan pelestarian lingkungan. Karena menjadi kewajiban semua pihak. Terlebih dampak pemanasan global akibat degradasi lingkungan telah dirasakan hampir diseluruh penjuru dunia. Mulai dari cuaca ekstrim sampai bencana alam.

"Penghijauan bermanfaat klimatologis, yakni sebagai pengatur lingkungan (mikro). Maksudnya, jika sebuah lingkungan memiliki cukup pepohonan maka hawanya lebih terasa sejuk meskipun di siang hari dan Manfaat hidrologis, yakni akar-akar pohon akan mampu menyerap dan menampung air sehingga bisa mencegah lingkungan dari banjir sekaligus menjaga lingkungan tetap memiliki air tanah yang cukup, Mari kita lestarikan. Agar anak cucu kebagian (sumber daya alam),”tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edy Junan Ahmadi menjelaskan, agenda semacam ini direncanakan untuk dilakukan setiap tahun, dengan lokasi yang berbeda atau pergiliran. Tujuan agar seluruh wilayah Kabupaten Pacitan bisa lebih aman nyaman untuk dihuni. Karena manfaat dari penghijauan sangat banyak seperti menjadi paru-paru lingkungan dan Manfaat klimatologis,Orologis,Edaphis,Hidrologi, Ekologis,Protektif dan Edukatif

“Mendatang kita tetap bisa bergandeng tangan untuk memajukan, mengembangkan potensi padi tahan dan tetap berkomitmen untuk menjaga serta melestarikan lingkungan kita ini,”tandasnya.

Pada kesempatan itu pula diserahkan bantuan untuk siswa kurang mampu yang di serahkan langsung oleh Bupati serta penanaman pohon secara simbolis.(tyo)
Share This :

0 komentar