Desa Bandar Sribhawono Kelola Dana Desa Untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Sunday, 9 December 2018

Desa Bandar Sribhawono Kelola Dana Desa Untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

PawartaNusantara.com | Bandar Sribawono~jum'at (7/12/2018), Desa Sribhawono merupakan salah satu desa yang terletak diwilayah administrasi pemerintahan Kecamatan Bandar Sribhawono, dan merupakan pusat dari wilayah kecamatan. Desa Sribawono menjadi barometer terdepan dalam segala bidang pembangunan diwilayah Pedesaan. Dengan demikian perlu sinergitas yang dilakukan oleh pemerintah desa kepada pihak pemerintah daerah maupun pusat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pembangunan maupun pemberdayaan, agar desa Sribawono sebagai ibukota kecamatan dapat betul-betul menjadi barometer terdepan dalam segala bidang diwilayah Kecamatan Bandar Sribhawono.

Dengan bekal potensi dari berbagai sektor bidang perekonomian yang dimiliki desa Sribawono, seperti sektor pertanian, perdagangan, pariwisata, peternakan dan perikanan, serta pendidikan dan kebudayaan, desa Sribawono tetap selalu menjadi contoh dari desa-desa lain yang ada di kecamatan Bandar Sribawono dan mampu bersaing dengan desa-desa maju yang ada di kabupaten Lampung Timur.

Program Dana Desa (DD) yang sudah empat tahun berjalan pasca dicanangkan oleh pemerintah pusat pada tahun 2015 lalu sebagai upaya untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di mulai dari wilayah pinggiran yakni wilayah pedesaan, menjadi salah satu faktor pendukung percepatan pembangunan yang berkelanjutan di wilayah desa Sribawono.

Kepada awak media PawartaNusantara.com  Kepala desa Sribawono Buih Wisnu Prabowo saat diwawancarai dikantor desa mengungkapkan, "dengan adanya program Dana Desa kami sangat terbantu dalam mewujudkan pembangunan baik dibidang infrastruktur maupun bidang pemberdayaan masyarakat. Ditahun anggaran 2018 ini, APBDesa desa kami berjumlah Rp.1.456.630.000; yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PAD) dan dari transfer Dana Desa, BHP, GI, BKB, ADD dan Linmas", ungkap Buih Wisnu Prabowo.

"Dibidang pembangunan, kami tahun ini membangun drainase sepanjang 1.652 meter dan gorong-gorong plat sebanyak 5 unit. Sedangkan untuk bidang pemberdayaan masyarakat kami mengadakan berbagai macam kegiatan seperti pembinaan kemasyarakatan dan Pemberdayaan masyarakat desa, serta Pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa. Dengan adanya program Dana Desa, kami sangat terbantu dalam mewujudkan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat desa yang kami pimpin", pungkas Kades.

Dilain pihak, beberapa orang warga masyarakat desa setempat salah satunya Sunarto (39 tahun) yang bertemu awak media dilokasi kegiatan pembangunan drainase mengungkapkan rasa bangga dan senang dengan adanya program Dana Desa. "Desa kami makin maju, dan pembangunan terus menerus bergulir disetiap tahunnya dengan adanya program Dana Desa", pungkasnya. (Rj Niti)

No comments:

Post a Comment