Kades Karya Basuki, "Dengan Adanya Program Dana Desa Berbagai Pembangunan diDesa Dapat Diwujudkan" - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Tuesday, 4 December 2018

Kades Karya Basuki, "Dengan Adanya Program Dana Desa Berbagai Pembangunan diDesa Dapat Diwujudkan"

PawartaNusantara.com | Waway karya. Senin (3/12/2018), Sama dengan desa-desa yang lainnya, desa Karya Basuki pun tidak kalah saing dalam berbenah dan membangun desanya. Dari tahun ke tahun dampak nyata dari pembangunan di bidang infrastruktur mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

Kepala desa Karya Basuki Nanang Subagio, saat ditemui di kantornya mengungkapkan, adanya kegiatan pembangunan diDesa Karya Basuki dalam empat tahun terakhir merupakan pelaksanaan dari program Dana Desa (DD). "Adanya kegiatan pembangunan diDesa Karya Basuki dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini merupakan pelaksanaan dari adanya program Dana Desa, dengan adanya program tersebut masyarakat kami sebagian besar sudah merasakan manfaatnya. Alhamdulillah, dengan adanya program Dana Desa berbagai macam pembangunan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat dapat kami wujudkan", ungkap Nanang Subagio.

"Memang masih banyak sekali yang perlu diwujudkan pembangunannya, namun semua kan harus bertahap dan bergantian antara dusun satu dengan yang lainnya. Ditahun ini, desa Karya Basuki mendapatkan anggaran realisasi dari program Dana Desa (DD) sebesar Rp.987.874.000; yang terbagi menjadi dua bagian kegiatan. Kegiatan pembangunan infrastruktur desa atau fisik kami anggarkan sebesar Rp.364.501.500;  dan kami wujudkan dengan membangun Drainase sepanjang 1.000 M, pembangunan pipanisasi Pamsimas, dan pengadaan Radio komunikasi HT sebanyak 10 unit. Untuk kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat kami menganggarkan Rp.623.372.500; yang kami realisasikan untuk kegiatan pelatihan siskeudes, PMTAS, insentif guru PAUD, insentif guru keagamaan, pengelolaan koran desa, Musyawarah desa, pelatihan jurnalis desa, pelatihan produk hukum, pelatihan Tipikor, insentif kader kesehatan, dan penyertaan modal BUMDes, serta Pembangunan Gedung Sarana Olahraga Desa", terang Nanang Subagio.


Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Budi Suherman yang kebetulan hadir di kantor desa pun turut memberikan keterangan terkait pelaksanaan program Dana Desa (DD) diDesa Karya Basuki. "Saat ini pelaksanaan kegiatan pembangunan diDesa Karya Basuki sebagian besar sudah hampir mencapai 100 %, tinggal beberapa kegiatan saja yang belum terselesaikan. Insya Allah, sebelum akhir tahun semua kegiatan pembangunan dapat segera terselesaikan, atas bimbingan pak lurah dan pengarahan Pendamping Lokal Desa mas Rulli,  semua kegiatan yang kami kelola dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun", papar Budi Suherman.

Warga masyarakat desa Karya Basuki pada umumnya sangat senang dengan adanya program Dana Desa (DD) seperti yang diungkapkan oleh Sarijan (40 tahun) yang berjumpa dengan awak media dilokasi pembangunan Gedung Sarana Olahraga Desa. "Kami sangat senang mas dengan adanya program pembangunan yang dilaksanakan diDesa kami, katanya ini program DD, ini sangat cocok sekali mas. Kalau bisa program semacam ini dapat terus dilanjutkan, agar desa kami tambah maju", pungkasnya.(Rj Niti)