DESKRIPSI GAMBAR  

PAWARTA TERHANGAT


 
BLANTERWISDOM101

Onthel Napak Tilas Jenderal Soedirman


PawartaNusantara.com | Dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V Brawijaya yang ke 70 digelar dengan acara Ngotel napak tilas perjuangan Jendral Soedirman yang nantinya di pusatkan di monumen Panglima Besar Soedirman Desa Pakis Baru Kecamatan Nawangan.
Dandim 0801 Pacitan Letkol Kav Aristoteles HN Lawitang mengatakan, Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika serta HUT Kodam V/Brawijaya bertujuan mengenang jasa-jasa Panglima Besar Jenderal Soedirman yang telah memperjuangkan negara ini. Serta sebagai Hari bersejarah bagi TNI Angkatan Darat Khususnya Corp Infanteri.
"Dengan kegiatan Onthel napak tilas perjuangan Jendral Sudirman yang merupakan Bapak TNI tersebut, Yang berjuang memerdekakan Republik ini, Kita sebagai generasi penerus harus selalu menegenang serta tetap berjuang di era moderen seperti sekarang ini,"ujar mantan Pasi Teretorial Kodam XII/Tanjungpura tersebut saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (11/12/2018) kemarin.
Lebih lanjut jebolan Akmil 1999 tersebut menambahkan, Jika Hari Juang Kartika adalah mengenang Pertempuran di Ambarawa berlangsung selama empat hari empat malam, yakni dari tanggal 12 Desember hingga 15 Desember 1945. Pada 14 Desember 1945 persediaan logistik maupun amunisi sekutu mulai berkurang, dan akhirnya pada 15 Desember 1945 pasukan sekutu mundur dan meninggalkan Ambarawa.

"Kemenangan pertempuran di Ambarawa dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monumen “Palagan Ambarawa”. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Juang Kartika,"tambahnya.

Kegiatan ngontel tersebut melibatkan komunitas sepeda onthel Senopati Surabaya, komunitas sepeda Onthel Pacitan, satu regu Banser, dan siswa dari SMK Nawangan. Rombongan start menuju Koramil Tegalombo dengan jarak 15 km. Sesampainya di Tegalombo, peserta bermalam di Balai Desa Tegalombo.

Dan pagi ini (12/12/2018) peserta akan melanjutkan perjalanan menuju Monumen Jendral Sudirman yang akan di lepas oleh Dandim 0801 Pacitan. Serta nantinya akan ada kegiatan Route Jendral Soedirman yang di laksanakan sekitar 500 Taruna/Taruni Akademi TNI (tyo)
Share This :

0 komentar