Ratusan Warga Mengungsi Akibat Banjir Di Kecamatan Kebonagung Dan Pacitan - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Friday, 7 December 2018

Ratusan Warga Mengungsi Akibat Banjir Di Kecamatan Kebonagung Dan Pacitan


PawartaNusantara.com | Bencana alam kembali menerjang beberapa wilayah di Kota kelahiran Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Akibat hujan yang menguyur dari sore hari, Mengakibatkan sungai jelok yang berada di wilayah Kecamatan Kebonagung dan Pacitan meluap, Sehingga air mengenangi pemukiman warga.

Selain banjir yang melanda, Bencana tanah longsor juga menerjang sebuah rumah milik Misgeman besert 3 orang anggota keluarganya di Rt/Rw 2/2 Dusun Jambu Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung.

Bupati Pacitan Indartato dan istri bersama-sama dengan pejabat terkait langsung mendatangi lokasi banjir di kawasan Desa Kayen dan Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Banjir akibat luapan Sungai Jelok menyebabkan permukiman warga dan lahan pertanian tergenang. Selain itu akses transportasi yang melalui jalan lintas selatan (JLS) ruas Pacitan-Kebonagung juga terganggu.

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah turut prihatin atas musibah ini, Semoga tidak kembali terjadi seperti tahun 2017, Kepada aparat terkait agar segera mengkondisikan penanganan dan pencegahan serta evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir dan tanah longsor,"ujar Indartato saat meninjau langsung lokasi banjir, Jum'at (7/12/2018) malam.

Sementara Danramil Kebonagung Kapten Arh Eko Budi mengatakan ada beberapa wilayah di Kecamatan Kebonagung yang terdampak banjir, Seperti Desa Kebonangung, Desa Purwoasri dan Desa Banjarjo.

"Selain banjir yang melanda 3 Desa tersebut ada 1 rumah di Dusun Jambu Desa Sidomulyo yang di terjang longsor, Saat ini anggota Koramil,Polsek,Satlinmas Desa,relawan serta masyarakat bersama-sama mengevakuasi rumah yang di terjang longsor tersebut,"jelasnya kepada pewarta, Sabtu (8/12/2018).

Akibat dari meluapnya kali jelok yang mengakibatkan beberapa rumah warga di rendam banjir, Juga beberapa tanggul mengalami retak dan jebol seperti di Desa Purwoasri,Desa Kayen dan Desa Sukoharjo, Selain itu juga matrial batu dan tanah yang terbawa air masih berserakan di beberapa ruas jalan JLS (Pacitan-Kebonagung).

Data sementara dari Posko PB BPBD Kabupaten Pacitan, Pengungsi banjir akibat banjir senyak 236 Jiwa
a.Dusun Jelok, Desa Kayen, Kecamatan Pacitan pengungsi di Rumah Warga sebanyak 217 Jiwa
- Dewasa : 195 jiwa
- Balita : 22 Jiwa
b. Dusun Wetih, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, pengungsi di Rumah Warga 4 Jiwa
- Dewasa : 2 Jiwa
- Lansia : 1 Jiwa
- Balita : 1 Jiwa
c. Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, pengungsi di Rumah Warga 3 Jiwa
- Dewasa : 1 Jiwa
- Anak : 1 Jiwa
- Balita : 1 Jiwa
d. Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, pengungsi di Balai Desa Sidomulyo (12 Jiwa)
- Dewasa : 8 Jiwa
- Lansia : 2 Jiwa
- Balita : 2 Jiwa

Sementara Data Korban Tanah Longsor yang belum ditemukan di Rt/Rw 2/2 Dusun jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung 4 Jiwa
- Misgiman (L/62)
- Sogirah (P/46)
- Bogiyem (P/72)
- Katinem (P/58)

Hingg berita ini di tulis, Untuk air yang mengenangi pemukiman sudah mulai surut, Namun warga masih berjaga-jaga dan waspada karena cuaca masih belum kondusif.(tyo)

No comments:

Post a Comment