BLANTERWISDOM101

Rumah Kakek 70 Tahun di kecamatan Tulakan Pacitan diterjang longsor


PawartaNusantara.com | Hujan dengan intensitas tinggi menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan mulai sore hari, Akibat dari hujan tersebut di wilayah Kecamatan Tulakan terjadi tanah longsong yang menimpa rumah warga.

Menurut Danramil 0801/08 Tulakan Kapten Arh Agus Wahyono membenarkan jika telah terjadi bencana tanah longsor yang menimpa rumah warga hingga didnding rumah ambrol di terjang matrial tanah dan batu.

"Memang benar telah terjadi tanah longsor yg menimpa rumah milik Bapak Simis (70 tahun) warga Rt/Rw 017/005 Dusun Sumber Desa Wonosidi Kecamatan Tulakan yang mengakibatkan dinding rumah jebol,"jelasnya kepada pewarta, Sabtu (15/12/2018) malam.

Lebih lanjut Agus menjelaskan kronologi terjadinya bencana tanah longsor tersebut, mulai dari pukul 13.30 WIB wilayah Kecamatan Tulakan diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Sekira pukul 19.00 WIB karena curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan luapan air dari parit pingir jalan masuk ke tebing di atas rumah korban, Sehingga mengakibatkan perengen tanah yang berada di atas rumah Bapak Simis tidak kuat menahan air dan terjadi longsor.

"Tembok rumah Bapak Simis jebol dengan panjang sekitar 5 meter dan lebar sekitar 3.5 meter akibat terkena terjangan matrial tanah dan batu,"ujarnya.

Beruntung dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa, Babinsa,Bhabinkamtibmas,Linmas Desa serta masyarkat membatu mengevakuasi penghuni rumah yang berjumlah lima orang tersebut serta mengamankan barang-barang yang masih selamat.

Evakuasi terhenti karena tanah lumpur dari atas tebing masih terus mengalir,Di kawatirkan ada longsor susulan, Untuk sementara Korban beserta keluarga mengungsi di rumah tetangga, Akibat bencana tersebut kerugian di perkirakan sekitar Rp 15 Juta.

Selain tanah longsor yang menimpa rumah warga, Di perbatasan Kecamatan Nawangan dan Arjosari terjadi tanah longsor yang menutup akses jalan jalur Pacitan-Nawangan sehingga untuk kendaraan roda empatbelum bisa lewat, Namun alat berat sudah melunjur ke TKP untuk.membersihkan matrial.longsor.(tyo)
Share This :

0 komentar