Solikhin Kades Mekar Jaya, Kelola Dana Desa Prioritaskan Pembangunan - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Saturday, 8 December 2018

Solikhin Kades Mekar Jaya, Kelola Dana Desa Prioritaskan Pembangunan


PawartaNusantara.com | Bandar Sribhawobo, Sabtu (8/12/2018), Desa sebagai sasaran program Dana Desa (DD) dan menjadi prioritas pembangunan oleh pemerintah pusat diera kepemimpinan Presiden Jokowi, kini terlihat lebih maju dari era-era kepemimpinan sebelumnya. Pasca digulirkannya Program Dana Desa (DD) oleh pemerintah pusat sejak tahun 2015 lalu. Pembangunan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat desa diwilayah pedesaan diseluruh wilayah Indonesia terus meningkat. Ada banyak jenis kegiatan pembangunan yang terus-menerus dilakukan di tiap-tiap desa, seperti didesa Mekar Jaya Kecamatan Bandar Sribhawobo, Kabupaten Lampung Timur misalnya.

Saat ditemui di kantornya, Kepala Desa Mekar Jaya (Solikhin) mengungkapkan. "Dana Desa yang kami kelola ditahun ini kami prioritaskan untuk kegiatan pembangunan yang mencapai jumlah anggaran sebesar Rp.808.340.000; dan untuk bidang pemberdayaan kami anggarkan dana sebesar Rp.109.762.000;", ungkap Kades Mekar Jaya.

Lebih lanjut Solikhin menjelaskan, "dibidang infrastruktur atau fisik, kegiatan yang dilaksanakan diDesa Mekar Jaya sendiri terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya, Pembangunan 20 unit gorong-gorong plat, 2 unit gedung PAUD, 1 unit gedung Poskesdes, 2 unit sumur bor dan 53 unit jambanisasi.
Harapan kami selaku kepala desa, semoga masyarakat desa kami dapat merasakan dampak positif dari hasil pembangunan yang terus-menerus kami lakukan, setidaknya kami sudah berbuat sesuai dengan arah dan tujuan program yakni memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat desa. Dan kepada pihak pemerintah baik pusat maupun daerah kami selaku kepala desa mengucapkan terima kasih atas adanya program Dana Desa (DD) yang hasilnya sudah dapat dirasakan oleh masyarakat kami. Semoga program ini dapat terus dilanjutkan dan desa kami mendapatkan anggaran yang lebih besar lagi ditahun yang akan datang", tambah Kades Mekar Jaya.


Dilain pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Agus mengatakan bahwa kegiatan pembangunan yang dilaksanakan diDesa Mekar Jaya secara keseluruhan sudah hampir selesai dan tidak ada kendala apapun. "Semua kegiatan pembangunan sudah hampir selesai, dan tidak ada kendala apapun mas", ungkap Agus.

Desa Mekar Jaya, dari tahun ke tahun melalui program Dana Desa telah mampu mewujudkan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga masyarakat desa setempat yang bernama Samin (38 tahun), "Saya melihat sudah banyak kemajuan pak, banyak pembangunan diDesa kami ini. Ya, banyak sekali yang kami lihat beberapa tahun ini, sampai-sampai jamban warga yang tidak  mampu saja yang bangun pihak pemerintah desa pak. Ya kami sebagai masyarakat senang sekali pak", ungkap Samin.(Rj Niti)