Warga Desa Sirnoboyo Was-Was Karena Tanggul Yang Jebol Paska Banjir 2017 Belum Diperbaiki - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Saturday, 8 December 2018

Warga Desa Sirnoboyo Was-Was Karena Tanggul Yang Jebol Paska Banjir 2017 Belum Diperbaiki


PawartaNusantara.com | Bencana banjir dan tanah longsor menerpa enam Desa di dua Kecamatan sehingga merendam pemukiman warga, Bencana tanah longsor juga terjadi hingga merenggut korban jiwa, Bahkan tanggul-tanggul yang berada di beberapa wilayah mengalami kerusakan parah.

Demikian juga tanggul yang berada di Dusun Mendole Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan hampir separuh tergerus derasnya air, Bahkan ada tanggul di Dusun Ngasem yang belum di perbaiki paska banjir bandan setahun yang lalu.

Pj Kades Sirnoboyo Tri Wijanarko membenarkan jika ada beberapa tanggul yang belum di perbaiki paska banjir bandang setahun yang lalu, Seperti di Dusun Ngasem ada sekitar 10 meter lebih tanggul belum di perbaiki, Sedabgkan yang di Dusun Mendole ada tanggul yang hampir sepruh tergerus derasnya air pada banjir kenarin.

"Pihak Desa sudah mengajukan terkait tanggul yang belum di perbaiki tersebut pada pertengahan tahun 2018 melalui Kades yang lama, Namun hingga kembali memasuki musim hujan belum juga tersentuh,"jelas mantan Sekdes Menadi tersebut, Sabtu (8/12/2018).

Lebih lanjut Wijanarko mengatakan, Jika tanggul-tanggul tersebut tidak segera di benahi maka jika hujan terus menerus menguyur maka tidak menutup kemungkinan wilayah yang dekat dengan tanggul akan tergenang banjir, Karena saat banjir bandang tahun lalu, wilayah Desa Sirnoboyo hampir semua tengelam.

"Tanggul yang paska banjir kemarin belum di perbaiki kini ada tanggul yang sudah tergerus hampir separo,karena posisinya tepat di tikungan sungai sehingga jika arus air deras maka mengerus tangul tersebut, Jika ini di biarkan maka sangat berbahaya bila sampai jebol maka pemukiman di Dusun Mendole akan menjadi imbasnya,"tambahnya.

Apa lagi kini memasuki musim penghujan dan kemarin sudah terjadi banjir di beberapa desa sehingga butuh perhatian dari dinas terkait masalah tanggul yang belum di perbaiki serta adanya tanggul yang tergerus air di wilayah Desa Sirnoboyo.

"Mayoritas warga masih trauma dengan bencana banjir setahun yang lalu, Apa lagi melihat masih ada tangul yang belun di perbaiki menjadikan kekawatiran mereka di saat musim hujan seperti ini,"tandasnya.

Diharapkan kepada dinas terkait agar bisa segera memperbaiki tanggul-tanggul yang rusak paska bencana tahun lalu agar masyarakat tidak selalu was-was di saat musim penghujan tiba seperti saat ini.(tyo)