Warga Desa Tanjung wangi Wawaykarya, Apresiasi Kinerja Aparat Desa Dalam Membangun Desa - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Tuesday, 4 December 2018

Warga Desa Tanjung wangi Wawaykarya, Apresiasi Kinerja Aparat Desa Dalam Membangun Desa


PawartaNusantara.com | Wawaykarya~senin (3/12/2018), Pasca digulirkannya Program Dana Desa (DD) oleh pemerintah pusat sejak tahun 2015 lalu dari anggaran APBN. Pembangunan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat desa diwilayah pedesaan diseluruh wilayah Indonesia terus meningkat. Ada banyak jenis kegiatan pembangunan yang terus-menerus dilakukan di tiap-tiap desa, seperti didesa Tanjung wangi Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur misalnya.

Saat diwawancarai diruang kerjanya, Kepala Desa Tanjung wangi (Harno) mengungkapkan, "Ditahun ini (tahun 2018) desa kami mendapatkan anggaran realisasi dari program Dana Desa (DD) sebesar Rp.1.091.864.000;. Dari jumlah tersebut kami pergunakan untuk kegiatan bidang pembangunan sebesar Rp.983.014.000; dan untuk kegiatan bidang pemberdayaan sebesar Rp.108.850.000," ungkap Kades.

Lebih lanjut Harno menjelaskan, "dibidang pembangunan fisik atau infrastruktur, kegiatan yang dilaksanakan diDesa Tanjung wangi sendiri terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya drainase sepanjang 1.438 M diDusun I dan VI, gorong-gorong sebanyak 6 unit yang tersebar disetiap Dusun, Jambanisasi sebanyak 323 unit dan pengadaan Radio komunikasi HT sebanyak 11 unit. Sedangkan untuk bidang pemberdayaan kami adakan kegiatan pelatihan siskeudes, PMTAS, insentif guru PAUD, insentif guru keagamaan, pengelolaan koran desa, pelatihan jurnalis desa, musyawarah desa, pelatihan produk hukum, dan pelatihan Tipikor, serta penyertaan modal BUMDes. Harapan kami selaku kepala desa, semoga masyarakat desa kami dapat merasakan dampak positif dari hasil pembangunan yang terus-menerus kami lakukan, setidaknya kami sudah berbuat sesuai dengan arah dan tujuan program yakni memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat desa. Dan kepada pihak pemerintah baik pusat maupun daerah kami selaku kepala desa mengucapkan terima kasih atas adanya program Dana Desa (DD) yang hasilnya sudah dapat dirasakan oleh masyarakat kami. Semoga program ini dapat terus dilanjutkan dan desa kami mendapatkan anggaran yang lebih besar lagi ditahun yang akan datang", tambah Harno.

Dilain pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Henis Dwiyono saat ditemui di lokasi pembangunan drainase mengatakan bahwa kegiatan pembangunan yang dilaksanakan diDesa Tanjung wangi secara keseluruhan sudah hampir selesai dan tidak ada kendala apapun. "Semua kegiatan pembangunan sudah hampir selesai, dan tidak ada kendala apapun mas", ungkap Henis Dwiyono.

Desa Tanjung wangi dari tahun ke tahun melalui program Dana Desa telah mampu mewujudkan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga masyarakat yang tinggal di dusun I desa Tanjung wangi yang bernama Satiman (55 tahun) "Saya melihat sudah banyak kemajuan pak, banyak pembangunan, ada pembangunan jalan onderlagh, siring (drainase). Ya, banyak sekali yang kami lihat beberapa tahun ini, sampai-sampai jamban warga ga mampu saja yang bangun pihak desa pak. Ya kami sebagai masyarakat senang sekali pak, air yang tadinya menggenang disaat musim hujan kini alirannya sudah lancar,  dan jalan-jalan diDesa kami sudah bagus. Kalau dulu kami kesusahan dalam mengangkut hasil panen kami dari kebun,  bahkan harga jual hasil pertanian diDesa kami sangat murah sekali. Namun sekarang semenjak adanya program Dana Desa, kami sudah dimudahkan dalam mengangkut hasil panen kami dan harga panenan kami sudah sangat sesuai dengan harga pasaran, karena jalannya sudah lancar. Sebagai masyarakat, kami sangat senang dengan pembangunan yang terus-menerus dilakukan oleh pihak pemerintah desa di Tanjung wangi mas, pak kades kami adalah orang yang sangat pandai memimpin dan membangun desa kami. Kayaknya kami belum tertarik untuk memilih calon kades lain bila Pilkades nanti diadakan", pungkasnya. (Rj Niti)

No comments:

Post a Comment