Warga Kedungbendo sempat ngungsi, kawatir akan terjadi banjir dan longsor - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Saturday, 15 December 2018

Warga Kedungbendo sempat ngungsi, kawatir akan terjadi banjir dan longsor


PawartaNusantara.com | Masyarakat yang berada di Desa Kedungbendo Kecamatan Arjosari Pacitan berbondong-bondong mengamankan diri dan keluarga, Hal tersebut di lakukan karena wilayah mereka mulai di genangi air akibat hujan yang menguyur sejak siang hari.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo membenarkan jika Sejak Sabtu (15/12/2018) sekira pukul 17.00 WIB, Puluhan kepala keluarga (KK) di Desa Kedungbendo sudah mulai mengungsi. Sebab dikhawatirkan, banjir dan longsor bakal menerjang kawasan tersebut.

"Melihat kondisi seperti itu TRC langsung meluncur ke titik lokasi guna membantu melakukan mobilisasi para pengungsi, Karena hujan dengan intensitas tinggi saat itu masih menguyur di wilayah tersebut,"jelasnya kepada pewarta,Minggu (16/12/2018).

Masyarakat sudah mengantisipasi jika hujan dengan durasi lebih dari satu jam maka di perkirakan wilayah mereka akan mengalami banjir, Dan yang di kawatirkan adalah terjadi longsor, Masyarakat yang mengungsi paling banyak di Dusun Pradah dan dimungkinkan juga akan terjadi di Desa Mangunharjo.

"Tadi malam kita lakukan pemantauan serta menyiapkan akomodasi kendaraan, kami juga mempersiapkan bahan makan dan obat-obatan untuk para pengungsi,"tambahnya.

Hingga pukul 21.30 WIB hujan di Arjosari masih cukup tinggi Debit air di sungai Karangrejo dan Karanggede semakin bertambah dan sempat meluber ke jalan sehingga Tim TRC BPBD masih terkonsentrasi di wilayah tersebut.

"Kita berkordinasi dengan Sekcam,Danramil,Polsek,Linmas Desa serta relawan untuk.menghimbau masyarakat agar tetap waspada akan hal-hal yang tidak.di inginkan terjadi,"tambahnya.

Sekira Pukuln23.30 WIB debit air mulai surut namun pihaknya terus melakukan pemantauan di beberapa titik rawan banjir dan tanah longsor. Selain banjir yang mengenangi sebagian wilayah Kecamatan Arjosari, Bencana tanah longsor juga menerjang wilayah Kecamatan Tulakan dan Perbatasan Kecamatan Arjosari-Nawangan.

"Selain di Kecamatan Arjosari di Kecamatan Tulakan tanah longsor menerjang rumah warga sementara jalur Pacitan - Ponorogo tepatnya di Desa Gemaharjo juga terdapat matrial bebatuan dan juga jalur Pacitan - Nawangan tertutup matrial longsor di perbatasan Desa Temon dan Gondang, Namun kita sudah lakukan pembersihan matrial mengunakan alat berat agar jalur tersebut bisa di lalui kembali,"tandasnya.

Tim TRC BPBD,Tim SAR Linmas Pol PP, Para Relawan di masing-masing desa terus memantau dan selalu waspada di karenakan cuaca hingga pagi ini masih mendung dan di himbau kepada masyarakat yang berada di dekat aliran sungai serta di lereng gunung agar meningkatkan kewaspadaan.(tyo)

No comments:

Post a Comment