BLANTERWISDOM101

Akibat Retakan Tanah Satu Keluarga di Desa Tinatar di Ungsikan

 

PawartaNusantara.com | Akibat hujan yang menguyur Kabupaten Pacitan pada selasa kemarin yang mengakibatkan beberapa wilayah terdampak tanah longsor seperti talud di Desa Sambong yang di terjang longsor, Demikian juga bencana terjadi di Desa Tinatar Kecamatan Punung.

Plh Danramil 0801/10 Punung Pelda Kasri mengatakan, Jika telah terjadi tanah retak di atas rumah warga yang berdampak pada kediaman Marsus di Rt/Rw 003/II Dusun Krajan Desa Tinatar Kecamatan Punung sehingga keluarga tersebut di ungsikan ke rumah ketabatnya.

“Memang benar telah terjadi tanah di atas rumah Pak Marsus tersebut mengalami retak sepanjang 120 meter dengan lebar 20 sentimeter, yang mengancam rumah Pak Marsus yang berpenghuni empat orang tersebut,”jelasnya kepada pawarta, Rabu (23/1/2019).

Menurut Kasri, Sejak senin (21/1/2019) sore hingga selasa kemarin, Hujan menguyur sebagian wilayah Pacitan termasuk di Desa Tinatar, Karena intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan bukit setinggi 20 meter yang berada di atas rumah Marsus mengalami keretakan tanah yang cukup lebar hingga dapur milik korban ikut mengalami keretakan.

“Diduga tanah di atas rumah korban yang labil sehingga mengakibatkan retakan hingga ke bagian dapur, Dan di kawatirkan terjadi longsor, seluruh penghuni rumah sementara di ungsikan," tambahnya.

Sementara Kades Tinatar Himo Wahyudi membenarkan jika ada rumah warganya yang terdampak dari retakan tanah di tas rumahnya hingga bagian dapur rumah tersebut juga mengalami keretakan. Untuk menghindari kerusakan ke bagian rumah lainnya, Akhirnya warga bersama-sama membongkar bagian dapur rumah itu. 

“Untuk menghindari terjadi nya korban jiwa, Kami pihak desa bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas beserta Linmas Desa mengevakuasi keluarga Marsus berserta tiga orang anggota keluarga ke rumah saudaranya,”tandasnya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya retakan pada tanah tersebut, Satlinmas Desa Tinatar melaksanakan penjagaan secara bergantian.(tyo)
Share This :

0 komentar