DESKRIPSI GAMBAR  

PAWARTA TERHANGAT


 
BLANTERWISDOM101

Lebih Dari 12 Jam Hujan Guyur Pacitan, Beberapa Lokasi Alami Longsor


PawartaNusantara.com | Hujan dengan intensitas sedang menguyur wilayah Kabupaten Pacitan dari kemarin siang hingga hari ini, Karena hujan terbut ada beberapa wilayah mengalami longsor, Seperti yang terjadi di Rt/Rw 02/06 Dusun Bengle Desa Sambong Kecamatan Pacitan, Akibat hujan itu Talud pengaman rusak di terjang matrial longsor, Kejadian tersebut sekira pukul 06.00 WIB.

Danramil Pacitan Kapten Inf Arif Wahyu Jadmiko membenarkan jika telah terjadi tanah yang menimpa talud pengaman di Dusun Bengle Desa Sambong dan menutup akses jalan penghubung ke Desa Glinggangan.

"Memang benar telah terjadi tanah longsor karena hujan yang menguyur dari kemarin, Akibat longsor tersebut, jalur yang menghubungkan ke Desa Glinggangan tak bisa dilalui," ujar Danramil kepada pawarta, Selasa (22/1/2019).

Setelah mendapat laporan dari masyarakat kalau ada kejadian longsor, Babinsa,Bhabinkamtibmas, Satlinmas Desa serta dibantu warga bergotong-royong melakukan pembersihan matrial yang menutup jalan penghubung antar Desa tersebut. 

"Kita bersama-sama bergotong royong membersihkan matrial longsor, Dan saat ini jalan sudah bisa dilakui kendaraan roda dua maupun roda empat," jelasnya.

Secara terpisah Sekcam Arjosari Didik Darmawan mengatakan jika di wilayahnya juga terjadi Longsor, Kejadian tersebut terjadi di Dusun Wonosari Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Karena hujan yang juga menguyur wilayat itu mengakibatkan longsoran menutupi hampir separuh badan jalan yang menghubungkan Desa Karangrejo dan Karanggede. 

"Diduga lantaran Intensitas hujan yang berlangsung cukup tinggi serta kontur tanah yang labil dan tidak mampu menahan air. Sehingga mengakibatkan tebing mengalami longsor dan menutup sebagian jalan, Namun saat ini akses jalan sudah bisa di lalui semua kendaraan,"ujar mantan Sekcam Nawangan tersebut.

Sementara itu, Komandan Pos Kamladu Pacitan Pelda Totok juga mengimbau masyarakat agar sementara waktu menjauh dari wilayah perairan, Karena mengingat situasi cuaca masih belum menentu, Bahkan banyak kapal yang ditambatkan di pelabuhan lantaran mereka enggan pergi melaut.

"Selain cuaca tak menentu, saat ini memang masih musim baratan. Sehingga banyak dari nelayan memilih tidak melaut, Karena gelombang di perairan Pacitan pada kisaran 1,5 hingga 3,5 meter,"himbaunya.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo mengatakan, Dengan kondisi hujan yang menguyur Kabupaten Pacitan dari kemarin dan ada beberapa wilayah yang mengalami longsor, Pihaknya sudah berkordinasi dengan instansi terkait untuk antisipasi dan kesiap siagaan jika trjadi bencana.

"Kami selalu Intensipkan Tim siaga bencana di BPBD untuk mengantisipasi jika terjadi segala sesuatu hal, Harapan kita Pacitan tetap aman dan terhindar dari segala bencana,"tandasnya.(tyo)
Share This :

0 komentar