DESKRIPSI GAMBAR  

PAWARTA TERHANGAT


 
BLANTERWISDOM101

Rayakan tahun baru 2019, Goa Pandan ramai pengunjung


PawartaNusantara.com | Marga Sekampung, Selasa (1/1/2019), Berbeda dengan suasana saat hari-hari biasa, Destinasi wisata Goa Pandan hari ini ramai dikunjungi wisatawan lokal baik dari wilayah kecamatan Marga sekampung sendiri maupun dari luar Marga sekampung.Ramainya pengunjung kali ini bertepatan dengan perayaan pergantian tahun serta libur panjang sekolah.

Goa Pandan sendiri terletak di wilayah kecamatan Marga sekampung kabupaten Lampung Timur, tepatnya di desa Girimulyo. Dan dibuka untuk umum dua tahun lalu, semenjak dibuka untuk umum nama Goa Pandan sudah mulai dikenal oleh masyarakat Lampung bahkan Nusantara.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Pandan, Adil dalam wawancara dengan wartawan di lokasi wisata Goa Pandan menyampaikan, "Ini adalah event tahunan yang sudah 2 tahun ini kami laksanakan di setiap akhir tahun dalam rangka menyambut tahun baru. Pengunjung pada hari ini diperkirakan sekitar delapan ratusan orang pengunjung, yang datang dari berbagai daerah di Lampung Timur terutama warga masyarakat kecamatan Marga sekampung", pungkasnya.

"Untuk meramaikan event tahunan ini, dari Pokdarwis sendiri mengadakan acara Senam Kreasi yang diikuti 24 kelompok dari Pokdarwis se-Lampung Timur. Dan rekan-rekan dari Gerakan Pramuka Kecamatan Sekampung Udik turut membantu mengadakan pemasangan sarana olahraga flying fox, dan olahraga tersebut lumayan diminati oleh pengunjung terutama anak-anak sekolah", terang Adil.

Lebih lanjut Adil memaparkan, "Destinasi wisata Goa Pandan sebenarnya sudah banyak membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar, terutama para pedagang. Namun sayangnya, minat pengunjung untuk berwisata ke Goa Pandan tak sejalan dengan sarana dan prasarana yang memadai, terutama jalan. Tahun ini memang sudah dibangun jalannya oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, akan tetapi belum  begitu memadai karena volumenya begitu pendek. Dan dari pihak Pemerintah Desa Girimulyo sendiri ditahun 2018 lalu sudah membangun sarana MCK", paparnya.

"Masih sangat banyak sekali sarana dan prasarana wisata Goa Pandan yang harus terpenuhi, namun harus bagaimana ya, anggarannya tidak ada. Bahkan untuk mewujudkan Goa Pandan ini menjadi salah satu destinasi wisata kami dari Pokdarwis sering kali iuran. Kalau bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur terutama Dinas Pariwisata dirasa masih sangat minim. Karena itu kami beserta masyarakat disini berharap, agar mulai dari tahun 2019 ini, destinasi goa satu-satunya di Lampung Timur ini dapat diperhatikan oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur terutama Dinas Pariwisata, terutama jalan menuju lokasi", terang dan harap Adil.

Nurul Huda, salah satu pedagang buah yang berasal dari desa Sumber Hadi kecamatan Melinting merasa senang bisa turut serta menjajakan dagangannya di Goa Pandan. "Lumayan laris pak dagangan kami, kalau ramai seperti ini kami sangat senang pak. Tapi sayang pak, jalannya susah, mobil dan motor nyangkut-nyangkut dibebatuan jalan. Semoga cepat diperhatikan oleh pemerintah ya Pak", pungkasnya.(Rj Niti)
Share This :

0 komentar