Ribuan Pohon Akan Hijaukan Kecamatan Tulakan Pacitan Dalam Gerakan Penghijauan DAS - Pawarta Nusantara

Breaking

Monday, 28 January 2019

Ribuan Pohon Akan Hijaukan Kecamatan Tulakan Pacitan Dalam Gerakan Penghijauan DAS


PawartaNusantara.com | Pacitan, Setelah berhasil melaksanakan penghijauan tahab pertama yang dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Cabang Pacitan di Desa Sooka Kecamatan Punung beberapa waktu lalu, Kini kembali melaksanakan gerakan menanam pohon dalam rangka pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Nasional di  Kabupaten Pacitan yang  digelar di Dusun Bandar Angin Desa Ngumbul Kecamatan Tulakan.

Guna melestarikan lingkungan dan menjaga kelestarian hutan kita, Dinas Kehutanan provinsi Jawa Timur Cabang Pacitan bekerja sama dengan pemkab dan PT Linggarjati Mahardika Mulia melakukan Gerakan Penanaman Pohon dalam rangka pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang kali dilaksanakan di Kecamatan Tulakan, 

Semoga dengan gerakan Penghijauan ini, Bisa menyadarkan betapa pentingnya memelihara klestarian hutan dan pentingnya menanam demi kehidupan masyakat sekitarnya.

"Saat ini masyarakat Pacitan sangat antusias menanam sengon, Namun kita berharap disela-sela pohon sengon tersebut agar di selingi dengan tanaman buah juga pohon konservasi sehingga tidak terjadi erosi serta kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,"ujar Wardoyo Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Cabang Pacitan dalam sambutannya, Senin (28/1/2019).

Bupati Pacitan Indartato berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kelestarian hutan di sekitanya, Dan tetap memelihara pohon-pohon yang produktif, Disamping bisa menahan erosi juga bisa dapat meningkatkan kesejahteraan masarakat sekitar.

"Semoga dengan gerakan penghijauan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat serta menyelamatkan Daerah aliran sungai Sub DAS Kali Tengi dan Grindulu yang ada di Kecamatan Tulakan, Sehingga sumber mata air tetap lestari serta masyarakat dapat sejahtera adem ayem dingin tanpa AC,"ucap orang nomor satu di lingkup Pemkab Pacitan tersebut.

Secara terpisah Camat Tulakan Dodik Soemarsono Ap.M,Sc mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Cabang Pacitan bersama dengan Pemkab yang telah melaksanakan Gerakan Penanaman Pohon di wilayah Kecamatan Tulakan, Dengan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Harapan kami dengan Kegiatan penanaman pohon ini yang bertujuan untuk menyelamatkan Daerah Aliran Sungai serta bisa menjaga erosi, Sehingga kedepannya masyarakat dapat menikmati hasinya,"harap mantan Camat Nawangan tersebut.

Acara di lanjutkan dengan penyerahan secara sibolis 575 bibit tanaman buah kepada Kades Ngumbul serta puluhan  ribu bibit sengon dari PT Linggarjati Mardika Mulia (LMM) kepada Bupati pacitan.

Kegiatan yang di hadiri Bupati Pacitan Indartato beserta Ibu Luky Indartato, Wakil Bupati Yudhi Simbogo, Ketua DPRD Roni Wahyono, Sekda Suko Wiyono, Kadis Kehutanan Provinsi Jatim Cabang Pacitan Wardoyo, Kasdim 0801 Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan, Staf ahli Bupati, Asiten Sekda, Seluruh Kepala OPD, Camat Tulakan Dodik Soemarsono, Forkopimca Tulakan, Seluruh Kades se Kecamatan Tulakan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Siswa siswi Pramuka dan masyarakat.(tyo)

No comments:

Post a Comment