Sosialisasi program Bansos non tunai dan Jaminan Sosial digelar Bank Indonesia perwakilan Kediri - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

Friday, 4 January 2019

Sosialisasi program Bansos non tunai dan Jaminan Sosial digelar Bank Indonesia perwakilan Kediri


PawartaNusantara.com | Dalam rangka meningkatkan Awareness terhadap program Pemerintah, Khususnya bantuan sosial non tunai kepada keluarga penerima manfaat, progran kerjasama dengan lima Kementrian, Dengan hal tersebut, Bank Indonesia Perwakilan Kediri menggelar sosialisasi yang digelar di gedung Karya Dharma komplek Pendopo Kabupaten.

Adapun program Bank Indonesia yang bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  (Kemenko PMK), Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud ), Kementerian Sosial (Kemensos ), Kementrian Agama (Kemenag ), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT).

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Djoko Raharto mengayakan, Program Bank Indonesia yang bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Himpunan Bank Negara (HIMBARA) dan Pemkab Pacitan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Bank Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan untuk mendukung kelancaran program pemerintah, melalui penyelenggaraan kegiatan sosialisasi bersama khususnya mengenai program bantuan sosial yang telah mengalami transformasi sehingga telah disalurkan secara non tunai kepada masyarakat Indonesia yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat," ujarnya kepada awak media usai membuka sosialisasi tersebut, Jum'at (4/1/2019).

Lebih lanjut Djoko menambahkan, Jika kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan guna mendukung kelancaran penyaluran bansos non tunai tersebut sejalan dengan gerakan Nasional Non Tunai (GNNT ) yang telah dicanangkan Bank Indonesia bersama Pemerintah pada tanggal 12 Agustus 2014 lalu, Dengan Peralihan dari Tunai ke Non tunai agar terwujud prinsif 6 T yaitu Tepat waktu, Tepat sasaran, Tepat jumlah, Tepat kualitas, Tepat harga dan Tepat Administrasi, Serta meningkatkan kesemoatan dan kemampuan masyarakat dalam mengakses layanan tersebut, Karena Bansos non tunai sudah diamanatkan oleh Presiden RI melalui Perpres nomor 63 tahun 2017 tentang penyaluran bantuan sosial secara non tunai.

Selain sosialisasi tersebut Bank Indonesia juga merangkul para UMKM dengan memberikan edukasi kebanksentralan dan memberikan workshop marketing sistem digital yang akan di gelar selama dua hari yang di ikuti sekitar 100 UMKM yang ada di Pacitan.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini, Mayoritas para pembisnis sukses marketnya melalui digital seperti di media sosial. Untuk itu kami memberikan workshop cara mareketing melalui era digital agar para pelaku UMKM Pacitan lebih maju dan bisa memasarkan hasil produk lokal bisa menembus pasar luar negeri nantinya, Dan untuk masalah pendanaannya bisa nanti bertanya langsung kepada Bank yang memberikan kucuran dana seperti Bank Jatim,"tandas Djoko.

Untuk lebih mengena sosialisasi tersebut Bank Indonesia juga mengelar Kebudayaan lokal yaiti Pagelaran Wayang Kulit di Gedung Gasibu Swadaya pada tanggal 5 Januari 2019, Dengan menampikan Dalang Ki Cahyo Kuntadi  serta Pameran produk perbankan untuk mendukung sistem pembayaran non tunai dan UMKM.(tyo)

No comments:

Post a Comment