BLANTERWISDOM101

Akses Jalan Penghubung Merupakan Prioritas Utama Majunya Perekonomian Masyarakat


PAWARTANUSANTARA.COM | Pacitan - Bandar merupakan sebuah Kecamatan paling utara di Kabupaten yang berjuluk Kota 1001 Goa, Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo dan Provinsi Jawa tengah disebelah utara. Kecamatan Bandar yang memiliki tingkat kemiringan masuk kategori 5 (pegunungan), Dengan memiliki letak yang berada diatas perbukitan dengan ketinggian 946 meter dari pemukaan air laut. 

Dengan keberadaannya pada ketinggian pegunungan, Maka potensi yang didapatkan adalah dari hasil pertanian, perkebunan serta perdagangan. Kebun-kebun cabe, sayuran serta kebun cengkeh banyak ditemukan didaerah dengan tingkat semangat perekonomian warga yang cukup tinggi ini.

Dengan daerah yang memiliki tanah subur serta didukung ketinggian tanah, Pemerintah Daerah akan memaksimalkan peran kelompok-kelompok Tani yang ada di Kecamatan tersebut, Seperti salah satunya di Desa Bangunsari.

"Potensi pertanian sebagaimana kita ketahui bersama begitu besar, ditandai hasil seperti cabai yang kita ketahui bersama memiliki kualitas yang cukup baik, sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat," ujar Bupati Indartato pada kegiatan Tilik Warga di Lima Desa yakni Jeruk, Bangunsari, Bandar, Tumpuk dan Watupatok, Senin (11/2/2019).

Lebih lanjut Indartato menambahkan, Selama ini masalah utama bukan karena sulitnya air dimusim kemarau, tetapi harga yang tidak menentu ketika panen, Ia menegaskan bahwa hal tersebut merupakan tugas pemerintah dan akan segara ditanggapi dengan kembali di maksimalkannya Koperasi.

Untuk mendukung rencana itu, Prioritas utama adalah akses jalan seluruh penghubung antar kecamatan, Karena dengan bagusnya akses jalan makan akan memperlancar roda perekonomian di daerah tersebut.

"Namun semua itu di laksanakan secara bertahap, Sesuai prosudur serta dengan anggaran yang kita miliki,"tambahnya.

Hal senada juga di sampaikan Sekretaris Dinas PUPR Pacitan Suparlan, Bahwa untuk akses jalan penghubung antar kecamatan di wilayah Kacamatan Bandar dan Tegalombo melalui Desa Kledung tahun ini sudah di rencanakan dan pertengahan tahun 2019 sudah bisa di realisasikan.

"Untuk jalan penghubung antar kecamatan sudah masuk dalam perencanaan pada tahun 2019 ini, Semoga pertengahan tahun ini bisa segera terealisasi,"jelasnya secara terpisah saat di temui pawartanusantara.com.

Perlu di ketahui bahwa Kecamatan Bandar di sebelah Utara dan Selatan berbatasan dengan Kecamatan Tegalombo, Di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Nawangan, Sedangkan di sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Kismantoro Jawa Tengah.

Kecamatan yang memiliki wilayah cukup luas yaitu 1.797,316 hektar dengan pemanfaatan lahan Sawah sekitar 338,000 Ha, Tegalan/Ladang adalah 989,216 Ha dengan penduduk 43.080 Jiwa.

Bupati Pacitan bersama Sekda dan Kepala OPD dan Badan se Kabupaten Pacitan pada kesemoatan tersebut juga menyerahkan bantuan sembako kepada puluhan masyarakat yang membutuhkan, Alat Peraga Edukatif (APE) kepada siswa siswi Taman Kanak-kanak, Perangkat Komputer.

Bupati juga menyerahkan bantuan bencana kepada Bapak Sahri yang rumah tertimpa pohon akibat angin kencang akhir januari lalu, Dan ratusan sak semen kepada pemerintah desa. 

Bersama Istri Luki Indartato yang ikut mendampingi juga menyempatkan diri mengunjungi dan memberikan bantuan kepada Shelia Ayu Ditianingsih dan Muhammad Zein Jauhar yang mengalami keterlambatan motorik di Dusun Pendem Desa Bangunsari.(tyo)
Share This :

0 komentar