BLANTERWISDOM101

BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Targetkan 3,547 Juta Tenaga Kerja Bisa Terlindungi


PAWARTANUSANTARA.COM | Pacitan - BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Seperti yang di sampaikan Deputi BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto yang menargetkan 3, 547 juta tenaga kerja bisa terlindungi termasuk Pacitan. Bahkan pihaknya akan memberikan kemudahan bagi seluruh peserta, Karena Peserta BPJS di Jawa timur yang paling banyak adalah pekerja informal.

"Hampir 80% pekerja informal dan 20% pekerja formal, baik sektor mikro maupun UKM," ujarnya saat di temui pawartanusantara.com usai menghadiri Pacitan Fisheries 2019 BUMP di Alun-alun Kabuoaten, Rabu (20/02/2019) kemarin.

Lebih lanjut Dodo mengatakan, Di Jawa Timur sendiri saat ini tenaga kerja yang sudah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan sekitar 3,470 juta lebih. Sedangkan di tahun 2019, Pihaknya sudah menargetkan 3,547 juta bagi seluruh pekerja di Jatim terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.

"Sementara untuk Kabupaten Pacitan saat ini sudah ada sekitar 20.000 tenaga kerja yang sudah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan,"tambahnya. 

Sedangkan pada Hari Pekerja Nasional yang tepat pada 20 Februari 2019, pihaknya akan memberikan peningkatan dan juga kemudahan terhadap pekerja yang akan mendaftar maupun disaat mengajukan klaim, Pihaknya juga berharap, Tenaga kerja di berbagai sektor bisa mengunakan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi diri pekerja tersebut.

"Semua akan didukung dengan tehnologi, jadi semua bisa mendaftar melalui handphone mereka baik saat pendaftaran maupun klaim manfaat seperti JKN, jaminan pensiun dan sebagainya, Kita berharap seluruh tenaga kerja yang ada di Pacitan bisa terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, baik di bidang formal, informal, jasa kontruksi maupun pekerja migran yang ada,"tandasnya.(tyo)
Share This :

0 komentar