BLANTERWISDOM101

Dalam Rangka Hajatan Ke 274 Dinas Pendidikan Pacitan Gelar Festival Karawitan


PAWARTANUSANTARA.COM | Pacitan - Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan dalam rangka Hari Jadi mengelar Festival Karawitan tingkat pelajar SD,SMP/MTs,SMA/SMK/MA yang mewakili dari 12 Kecamatan yang ada. Acara yang digelar di Pendopo Kabupaten akan berlangsung selama dua hari.

Ketua panitia Festival Karawitan Sudaryono dalam sambutannya mengatakan, Festival Karawitan ini selain dalam rangka hari jadi Pacitaan ke 274, Kegiaatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional dan budaya lokal sejak dini, Selain itu juga sebagai ajang kreaatifitas dari masing-masing perwakilan sekolagh di 12 kecamatan.

"Dengan digelarnya festival ini kita selain nguri-uri budaya tradisional khususnya jawa, juga sebagai ajaang kreatifitas para pesrta dari masing-masing perwakilan sekolah untuk bisa menampilkan kebolehannya dalam seni karawitan,"ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pacitan tersebut saat acara pembukaan Festival Karawitan, Senin (25/2/2019).

Lebih lanjut Sudaryono menambahkan, Di tahun 2019 ini ada 41 Group karawitan yang mengikuti festival ini, 12 group tingkat SD, 16 group Tingkat SMP dan 13 group tingkat SMA, Mereka merupakan perwakilan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan ini. 

"Mereka merupakan group perwakilan dari sekolah di jecamatan masing-masing yang aakan tampil dan berkompetisi di sini, para peserta akan unjuk kebolehan dalam seni karawitan serta akan di nilai oleh juri yang berkompeten di bidangnya,"tambahnya.

Sementara itu Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya mengatakan, Dengan Festival Karawitan dari mulai tingkat SD hingga SMA ini akan menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya tradisional.

"Karena dengan kita tetetap melestarikan budaya lokal maka budaya kitaa tidak di akui negara lain, Serta dengan sering di adakan nya kegiatan seperti ini bisa menangkaal budaya luar  yang sudah mulai masuk melalui medsos dan lainnya, Semoga dengan festival ini kita bisa menampilkan kreasi masing-masing perwakilan dan tetap selalu menjaga kelestariannya,"ucap buapati saat membuka Festival Karawitan.

Pihak penyelengara juga mendatangkaan juri yang berkompeten di bidangbm karawitan seperti Hadi Sucipto, S Kar dari ISI Surakarta jurusan seni pertunjukan,  Pujiani, S sn, M sn dari Asga Surakarta Jurusan Senddra Tari dan Jolo Winarko, S sn, M sn dari Unessa Surabaya jurusan Sendra Tari, Ke  41 group tersebut akan bersaing menampilkan yang terbaik di ajang Festival Karawitan tahun 2019.

Hadir dalam acara pembukaan Festival tersebut, Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekda Suko Wiyono, Asisten Sekda Joni Maryono, Kepala Dinas Pendidikan Suddaryono serta pejabat di lingkup pemkab dan para guru yang turut hadir.(tyo)
Share This :

0 komentar