Desa Jembarwangi, Alam hijau pertanian - Pawarta Nusantara

Breaking

PAWARTA TV

Saturday, 9 February 2019

Desa Jembarwangi, Alam hijau pertanian


PAWARTANUSANTARA.COM | Suasana yang adem dilingkung bukit dan pesawahan, yakni desa Jembarwangi kecamatan Tomo kabupaten Sumedang provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan kecamatan Jatigede, (10/02).

Kades Karsudik (56) yang didampingi sekdes Eman Suherman (41) mengatakan " masyarakat disini mayoritas usaha pertanian, yaitu mangga, tembakau (musim kemarau) sayur sayuran dan padi. Tapi yang paling terkenal 'tembakau' dimusim kering cocoknya menanam tumbuhan ini. Mereka punya pengepul langganan biasanya orang Tanjungsari jadi bandarnya" ujar kades.

Karena sekitar wilayah ini ngetop dengan tembakau, maka telah berdiri diperbatasan desa berupa patung pohon tembakau yang megah, sekitar sepuluh meteran tingginya.

Penduduk desa yang berjumlah seribu lebih dibagi 15 Rt 4 Rw, termasuk dusun Cibengkung 1 Rw yang berdampingan dengan kali Cilutung.

Hidup rukun, gotong royong yang kuat menjadikan desa ini menjadi maju terbukti dengan adanya prasarana jalan di Dusun Cibengkung menuju desa Cintajaya Jatigede yang terus diperbaiki.

"Beginilah kegiatan saya setiap hari dikebun, Alhamdulillah dengan hasil panen sayuran ini mampu mencukupi kebutuhan keluarga" Ujar salah seorang warga yang lagi panen sayuran jenis terong mengatakan pada penulis.

Malahan di desa Jembarwangi ini akan diadakan SMA terbuka, tetapi masih dalam proses walaupun sulit untuk mendapatkan anak didiknya" Kata sekdes mengakhiri pembicaraan dengan penulis.

Lalu penulis mencoba menulusuri area sekitar desa, memang merasa betah selain area sawah dan kebun jati yang menjulang langit, dibawah terlihat aliran sungai Cisaar menambah kayanya alam desa ini. Semoga masyarakat sekitar mampu mengelola sumber alam ini secara cermat dan bijak sehingga tak ada kerusakan yang ditimbulkan. [Uju J]

No comments:

Post a Comment