BLANTERWISDOM101

Mencegah Berkembangnya Virus DBD, Dinas Kesehatan Pacitan Lakukan Fogging


PAWARTANUSANTARA.COM | Pacitan - Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah (DBD) dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian.

Hal tersebut di sampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Wawan Kasiyanto, Bahwa ada peningkatan kasus penderita DBD, pada Januari 2019 ini terdapat 122 Kasus, Jumlah tersebut meningkat tajam di bandingkan akhir 2018 yang hanya 19 kasus DBD. Serangan DBD yang terjadi di Pacitan selama awal tahun ini sudah hampir separuh dari total penderita DBD yang ditemukan selama 2018 yang jumlahnya mencapai 268 kasus.

"Selama Januari 2019 penderita DBD paling banyak terdapat di Desa Tanjungsari Kecamatan Pacitan yaitu 40 kasus, Sementara di Kecamatan Arjosari ditemukan 31 kasus,"ujar Wawan kepada pawarta, Sabtu (2/2/2019).

Lebih lanjut Wawan menambahkan, serangan DBD mayoritas terjadi di Kecamatan Pacitan utamanya yang paling tinggi kasus yang terjadi di Desa Tanjungsari, Serta beberapa Desa di Kecamatan Arjosari, Kasus DBD tahun ini lebih dipengaruhi intensitas hujan yang tidak menentu, Kondisi inilah yang merangsang jentik-jentik nyamuk berkembang biak sangat cepat.

"Kebersihan di dalam rumah termasuk kebersihan dilingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti dan penularan DBD,"jelasnya.

Untuk mengantisipasi berkembangnya virus DBD, Dinas Kesehatan melakukan Fogging yang di lakukan dua kali dalam seminggu, Hal tersebut bertujuan untuk memberantas nyamuk-nyamuk dewasa yang kemungkinan baru melewati masa pertumbuhannya.

"Perlu diketahui, hanya dibutuhkan waktu delapan hari untuk jentik nyamuk berubah menjadi nyamuk dewasa, maka dengan demikian kita lakukan Fogging dua kali dalam seminggu,"tukasnya.

Demam berdarah DBD disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk. Terdapat 4 virus dengue, yaitu virus DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Nyamuk yang berasal dari famili tertentu yaitu Aedes aegypti atau Aedes albopictus dapat membawa virus untuk menginfeksi darah manusia dengan gigitan dan mentransfer darah yang terinfeksi ke orang lain. (tyo)
Share This :

0 komentar